organic lombok

Mulai Hari Ini, Sirkuit Mandalika Resmi Ganti Nama Jadi Ini

  • Share

INFO LOMBOK TENGAH – Sirkuit MotoGP Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) kini memiliki nama baru. Kementerian BUMN dalam acara Seremonial Penandatanganan PKS Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right pada Kamis (7/10/2021), menyebut nama baru sirkuit tersebut adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dalam acara tersebut, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury berharap, keberadaan sirkuit tersebut akan mampu membawa dampak positif bagi Indonesia.

“Di bulan November ini kita sudah akan menyelenggarakan beberapa event di antaranya adalah World Superbike (WSBK). Moga-moga ini menjadi salah satu momen positif buat kita, apalagi baru-baru ini juga kita sudah mendengar adanya rencana untuk bisa mulai membuka pintu Indonesia bagi para pengunjung dari luar Indonesia, yang akan diselenggarakan dalam kurang lebih sekitar dua minggu mendatang,” ujarnya.

1. Berharap masyarakat dunia sadar Indonesia punya banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi

Dalam kesempatan itu, Pahala juga berharap, keberadaan Pertamina Mandalika International Street Circuit dapat membuat masyarakat dunia sadar bahwa Indonesia memiliki banyak sekali lokasi wisata untuk dikunjungi.

“Jadi kita harap ini akan bisa mendorong masyarakat dunia untuk bisa mengetahui bahwa banyak sekali lokasi-lokasi pariwisata di Indonesia, dan ini akan mendorong masyarakat dunia untuk bisa hadir di Indonesia dan juga wisatawan domestik yang ada di Indonesia, bisa hadir di Nusa Tenggara Barat, sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas yang sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Baca Juga:  Proyek Pengembangan Bandara Internasional Lombok Rampung Sebelum Ajang MotoGP

2. Pertamina bangga dan merasa terhormat bisa bersinergi dalam pengembangan Sirkuit Mandalika

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina merasa bangga dan terhormat bisa melakukan Sinergi dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dalam pengembangan sirkuit berskala internasional tersebut.

“Ini tentu saja merupakan wujud dari dukungan BUMN dalam hal ini adalah Pertamina dan ITDC dalam program yang didukung oleh Bapak Presiden Jokowi, yaitu pengembangan lima daerah pariwisata super prioritas di mana Mandalika adalah salah satunya,” kata Nicke.

3. Menjadi prioritas BUMN

Nicke lebih lanjut mengatakan bahwa hal ini menjadi prioritas bagi BUMN, karena pariwisata menjadi salah satu industri yang akan meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional usai pademik.

Ia juga mengatakan, dengan akan diadakannya event internasional di Mandalika, maka akan bisa menjadi jalan untuk membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

“Karena kita bisa memperlihatkan kepada seluruh dunia resiliensi dari bangsa kita,” katanya.

Walaupun kita semua terkena dampak pandemi COVID, tapi bangsa kita bisa dengan cepat kembali melakukan kegiatan dan khususnya dalam hal ini adalah aktivitas sport di area sport tourism di Mandalika yang luar biasa indah. Dan tentu saja event Ini bisa memberikan manfaat, memberikan multiple efek bagi masyarakat di sana khususnya, dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya,” lanjutnya.

  • Share