organic lombok

Menparekraf Sandiaga Ajak Genpi Ciptakan Pelaku Ekraf Baru

  • Share

INFOLOMBOK.net, Jakarta – Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) kembali berbincang-bincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam acara “Genpi Entrepreneurships Program (GEP): Anak Muda Bikin Lapangan Kerja”, pada Minggu (18/07/2021) siang. Acara GEP ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting, diikuti oleh 700an anggota Genpi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Sandiaga mengajak seluruh anggota Genpi untuk selalu gelorakan wisata Indonesia. Namun selain itu, saat ini harus juga mendungkung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Karena pandemi belum juga usai, Menteri Sandiaga mengajak Genpi untuk membantu percepat proses vaksinasi. Serta meningkatkan CHSE, dan selalu patuh pada protokol kesehatan.

“Kita kolaborasi, saya tugaskan saat ini kalian menjadi pandemic winner. Kalian adalah champion yang akan membawa keluar negeri ini dari krisis. Together, yes! We can do it!” Sandiaga Uno memberi semangat. Sandiaga pun menceritakan dirinya baru saja launching Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Saya baru saja luncurkan ADWI. Kita menargetkan ada 700 peserta desa wisata. Saya sempat diminta untuk menurunkan target tersebut menjadi 350. Namun saya menolaknya. Alhasil setelah ditutup Jumat malam lalu saya dilaporkan, pendaftaran menembus 1.831 desa wisata dari seluruh indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Genpi harus hadir di desa wisata. Dan harus mampu mendorong program kita bisa tepat sasaran dan tepat waktu.” Ujarnya.

Sandiaga pun mengajak anggota Genpi yang hadir untuk bersama-sama mendukung agar anak-anak muda menjadi pelaku ekonomi baru. Bukan mencari pekerjaan, namun justru bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya secara resmi mengajak anak-anak Genpi untuk kolaborasi bersama kami pemerintah. Untuk memaksimalkan peluang yang ada”, tegasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Menteri turut menyapa dan berdiskui dengan 5 (lima) orang pengusaha sukses dari anggota GenPI. Yaitu antara lain; Muhammad Yunus (Genpi Sumatera Selatan) yang memiliki usaha kuliner ‘Malbiqu’ dan ‘Teh Aba’, Zakaria dari Genpi Lombok Sumbawa yang memiliki usaha Lombok Sumbawa Tour & Travel dengan paket menarik seperti Photography tour, Chariti Program, dan paket tour menarik lainnya.

Kemudian Dito Dwi Novrizal yang sukses mengembangkan usaha kreatif Lengkung Langit di Kota Bandar Lampung. Thomast Christ dari Genpi Jogja yang memiliki usaha kreasi konten dan production house. Terakhir adalah Cynthia Pangalila dari GenPi Sulawesi Utara. Dirinya memiliki usaha kuliner jahe merah siap seduh dengan merek ‘Ratu Goraka’.

Mendengar dan melihat foto-foto yang dibagikan di zoom meeting, Menteri Sandiaga Uno memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada 5 pengusaha muda sukses dari Genpi tersebut. Apalagi usaha-usaha member Genpi ini ada yang dimulai justru di awal masa pandemi covid-19. Seperti Lengkut Langit di Bandar Lampung dan Malbi siap santap di Palembang. Menteri katakan, pandemi ini memang memaksa kita semua untuk kreatif.

“Pandemi covid-19 ini memaksa kita semua untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan. Terus lakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.” Sandiaga Uno memberikan tips singkat.

“Mari kita jadikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif kebangkitan. Genpi bisa menjadi lokomotif penyebaran informassi pariwisata andalan kita.” Ucapnya.

Seperti biasa, Menparekraf Sandiaga Uno memberi semangat melalui pantun.

Hari minggu paling cocok buat belanja,
Jangan lupa belanja via online saja.
Jaman sekarang tidak perlu mencari kerja,
Karena anak mudah bisa bikin kerja.

Anak muda itu aset bangsa,
Di tangan mereka kreativitas tidak ada habisnya.
Genpi semangat terus bikin lapangan kerja,
Agar anak muda bisa sukses dan sejahtera.

Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia (GenPI), Mbak Jhe, juga memberikan apresiasi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang tidak pernah bosan memberi semangat kepada GenPI.

“Kami berharap acara Genpi Entrepreneurships Program ini bisa rutin dilaksankan. Misal sebulan sekali. Dan kami berharap mas menteri bisa selalu hadir memberikan motivasi dan tips kepada anggota kami yang memiliki usaha di bidang parekraf,” Ujarnya berseloroh.

“Terima kasih kepada Menparekraf, Kemenparekraf serta mitra Genpi. Terima kasih anggota Genpi yang telah hadir dan antusias di acara sore hari ini. Jangan lewatkan acara Genpi selanjutnya ya” Ucap Mbak Jhe.

Turut hadir di acara ini, antara lain; Sekretaris Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adniyani; Plt Kabiro Komunikasi Kemenparekraf, Cecep Rukendi; Direktur Kuliner, Kriya, Desain, Dan Fesyen, Yuke Sri Rahayu. Juga ada Kadis Pariwisata Provinsi Maluku dan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pembina Genpinas (Heru Mataya, Rizanto Binol, Andre Opa Sumual, Osvian Putra); Pengurus Genpinas; Pengurus Genpi Provinsi dan kabupaten/kota, dan member genpi seluruh indonesia. (Genpinas)

  • Share