organic lombok

Jadi Tuan Rumah World Superbike 2021, Mandalika Fokus Persiapan Teknis

  • Share
Panorama Lanskap Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok NTB dengan pantai yang biru tosca. Photo : Jimmy Channel

INFO LOMBOK, Mandalika – Sirkuit Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dikabarkan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event World Superbike (WSBK) 2021 pada 12-14 November 2021 yang akan datang. Menjelang pelaksanaan balap perdana ini, Sirkuit Mandalika sedang fokus melakukan persiapan dari beragam aspek.

Happy Harinto, Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grandprix Association) menyatakan bahwa saat ini pihaknya (MGPA) sedang berkonsentrasi penuh pada persiapan teknis sarana dan prasarana yang berhubungan dengan syarat teknis pelaksanaan balapan oleh FIM (Fédération Internationale de Motocyclism).

Sekarang ini tim kami sedang fokus mengatur Race Control elektronik, peralatan yang paling penting dalam kegiatan balapanan. Setelah itu, tim kami juga sedang bersiap-siap untuk installasi Pit Building Modular (Bongkar Pasang), yang semuanya merupakan produk dalam negeri,” terangnya kepada media, Selasa 21 September 2021.

Selain itu, pihak MGPA juga menyatakan akan melaksanakan pemeriksaan ulang terhadap kondisi lintasan balap dan perlengkapannya, juga fungsi-fungsi lainnya untuk memastikan semuanya sudah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh FIM.

Baca Juga:  Adakah Solusi Untuk Bebaskan Sampah di Destinasi Wisata Halal Lombok?

“Semua komponen dilakukan kroscek ulang, karena ini kan olahraga yang sangat membutuhkan ketelitian yang super tinggi dan presisi karena menyangkut keselamatan, safety first” ujar Happy.

Sebagai informasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi seri penutup gelaran WSBK 2021 dan menjadi satu-satunya seri Asia di kalender World Superbike musim ini. Seri Indonesia akan digelar setelah seri Argentina di Circuitoo San Juan Villicum.

Selain menjadi tuan rumah WSBK 2021, Sirkuit Mandalika juga sudah terkonfirmasi masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Mandalika dijadwalkan akan menghelat gelaran balap profesional MotoGP pada 13 atau 20 Maret tahun depan.

Sebelum menggelar balap MotoGP, Street Circuit Mandalika sudah dijadwalkan untuk tes pra-musim MotoGP 2022 pada Februari mendatang. Ada dua lokasi yang ditetapkan Dorna Sports sebagai lintasan untuk tes pramusim, yakni Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Mandalika, Indonesia.

  • Share