Terbuai Kehalusan Air Terjun Benang Stokel

Kebanyakan air terjun memiliki debit air dan hempasan yang sangat deras. Namun berbeda dengan Air Terjun Benang Stokel di Lombok Tengah yang hempasan airya terlihat halus seperti benang.

Benang Stokel merupakan destinasi wisata air terjun di Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Kurang lebih sekitar 30 kilometer dari Kota Mataram ke arah timur.

Kawasan wisata ini mulai ramai dikunjungi masyarakat dari seantero Lombok, termasuk wisatawan asing yang terpesona dengan kemolekan Air Terjun Benang Stokel. Air terjun tersebut konon memiliki khasiat tersendiri.

Memasuki kawasan ini, mata ini terhanyut oleh suasana sejuk, teduh, dan menenangkan. Suasananya benar-benar sanggup menghilangkan penat di kepala akibat rutinitas harian yang menjemukan dan membuat stres. Suara alam yang berbaur menjadi satu menjanjikan suguhan yang lebih dari sekadar wisata.

Pesona air terjun Benang Stokel berasal dari tingkatan air terjunnya yang tertutup oleh hijaunya dedaunan. Urutan air terjun yang paling atas disebut Kelambu. Pada tingkatan kedua terdapat tiga air terjun yang berjajar. Sedangkan, di bawahnya ada air terjun yang mengalir jauh sampai di Kokoq (sungai) Babak, Lombok Barat. Semuanya aliran airnya terlihat seperti benang halus yang menjuntai dari ketinggian.

Ada cerita unik di balik kecantikan Benang Stokel. Konon, jalur Benang Stokel hingga Gunung Rinjani sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah ke gunung tersebut. Hingga saat ini, kebiasaan tersebut masih sering dilakukan oleh warga setempat.

Jalur penanjakan ke Gunung Rinjani biasanya ditempuh melalui kawasan Sambelia atau Senaru. Tapi menurut beberapa orang, jalur Benang Stokel dinilai memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan dengan kedua jalur biasa tersebut.

Setiap tahun tempat ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara karena tempatnya yang sangat asri dengan hutan lebat dan dikelilingi oleh kebun coklat serta kopi yang membuat tempat ini sangat indah untuk dikunjungi.

Source: Terbuai Kehalusan Air Terjun Benang Stokel

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below