free website stats program

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit 2

Tanjung Ringgit. Rutenya adalah Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Mujur – Ganti – Sukaraja – Jerowaru – Tanjung Ringgit (sekitar 80 km dari Mataram). Secara umum, jalan dari Mataram sampai Jerowaru tidak ada kendala yang berarti, karena jalannya sudah bagus. Nah! Tantangan menanti saat mobil mulai memasuki jalan kecil menuju pantai di ujung pulau. Jalan itu masuk dalam kategori membutuhkan penanganan segera. Lubang di beberapa ruas jalan mengganggu sekaligus menantang.  Tapi tidak usah khawatir, banyak pemandangan indah di kanan dan kiri jalan yang bisa mengobatinya.

Setelah perjalanan sekitar dua jam, sampailah kita di pantai Tanjung Ringgit yang terletak di ujung Lombok Timur itu. Terlihat lokasi komplek mercusuar yang kurang terawat dan terdapat jalan setapak di samping komplek mercusuar arah menuju pantai. Setelah kurang lebih lima belas menit menempuh perjalanan menuruni jalan setapak, sampailah kita di pohon surga. Disebut pohon surga karena pohon itu adalah sebatang pohon yang paling nyaman untuk berteduh sambil menikmati keindahan laut yang memiliki gradasi warna hijau biru itu.

Banyak keindahan yang terlihat di Tanjung Ringgit ini. Diantaranya yaitu: sumur air payau yang ada bibir pantai, karya alam yang menghasilkan bentuk serupa pulau Bali di sebuah tebing, lafaz Allah di dasar samudera, dan gradasi biru hijau laut. Buktikan sendiri dengan mengunjungi Tanjung Ringgit. Luar biasa!

Sebuah meriam peninggalan zaman Jepang yang berada di sebelah kiri pohon surga juga terdapat di areal sekitar Tanjung Ringgit. Kita harus menyusuri jalan setapak berdebu dan berbatu untuk mencapainya. Hanya butuh waktu lima menit untuk tiba di lokasi. Konon kabarnya di bawah meriam itu adalah bunker tempat persembunyian tentara Jepang. Bisa dibayangkan bagaimana di zaman penjajahan Jepang dulu menjadikan Tanjung Ringgit sebagai pos penjagaan terluar mereka di Lombok. Satu lagi tempat yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Tanjung Ringgit ini yaitu Gua Kelelawar/Raksasa. Gua Kelelawar berjarak lumayan jauh dari meriam Jepang. Jalan setapak berbelok-belok harus kita tempuh. Setelah hampir tiga puluh menit sampailah di Gua Kelelawar, aroma urin kelelawar langsung menyeruak menusuk hidung.

Jadi kalau berkunjung ke Pantai ‘Pink’ Tangsi dan Tanjung Ringgit kita akan dapat satu paket wisata alam yang menakjubkan! Hal ini karena lokasi yang perawan/alami dengan suguhan panorama indah layaknya serpihan surga di bumi. Tanjung Ringgit lautnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan kita bisa melihat Pulau Sumbawa dari sini.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below