Tambora Menyapa Dunia 2015

Ada dua Gunung terkenal di provinsi Nusa Tenggara Barat, yaitu Gunung Rinjani yang terkenal akan keindahan alamnya serta Danau Segara Anak yang membuat para pendaki semakin jatuh cinta. Yang kedua adalah Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa.

Gunung Tambora

Gunung Tambora yang membuka mata dunia. Photo by: belantaraindonesia.org

Gunung Tambora ini terkenal karena merupakan salah satu Gunung dengan letusan paling dahsyat di seluruh dunia. Konon ledakan gunung ini terdengar hingga ke Jepang dan batu hasil dari ledakan tersebut terlempar hingga ke luar angkasa. Sungguh sesuatu yang mencengangkan.

Kini hampir 2 abad sudah ledakan dahsyat tersebut terjadi. Sebuah ledakan yang masuk dalam catatan sejarah dunia karena abunya menutupi sebagian wilayah di bumi ini.

Kini Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwisata mempromosikan sebuah rencana event yang diberi judul “Tambora Menyapa Dunia 2015“. Event memperingati kejadian 200 tahun yang lalu.

Ini adalah salah satu cara untuk menggaet Wisatawan khususnya di Pulau Sumbawa setelah Pulau Lombok menjadi terkenal. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mendukung hal tersebut karena akan menciptakan sebuah destinasi wisata baru.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below