Suku Sasak Asli di Desa Nde

Kehidupan Suku Sasak asli memang menarik untuk disimak. Pola kehidupan sosial mereka yang masih awet hingga saat ini bisa dijadikan sebagai pelajaran sejarah tentang kehidupan Suku Sasak tempo dulu.

Rumah Adat Sasak

Rumah Adat Suku Sasak di Desa Nde

Salah satu Desa yang masih lestari dari segala sisi dari sejak dahulu kala hingga saat ini ada di Desa Nde, Kabupaten Lombok Tengah. Unsur budaya dan perilaku nenek moyang kita masih kental terasa di Desa ini.

Rumah-rumah adat yang berdiri di Desa Nde memiliki desain asli rumah jaman dulu. Terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan alang-alang. Tembok serta lantai mereka terbuat dari campuran bata dan tanah liat yang dilumuri oleh kotoran kerbau. Suku Sasak masa lalu percaya bahwa zat yang terkandung di dalam kotoran kerbau dapat membuat lantai maupun tembok menjadi awet dan tidak mudah retak.

Jika anda ingin merasakan suasana kehidupan Suku Sasak asli tempo dulu atau kehidupan nenek moyang suku Sasak, maka tidak ada salahnya mengunjungi Desa Nde yang juga terkenal dengan kain songket buatan warga di sana.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below