free website stats program

Sindang Gila & Tiu Kelep

Pulau Lombok memang sudah terkenal sebagai pulau yang memiliki keindahan alam pantai dan gili (pulau kecil) yang mampu memikat hati para wisatawan. Tapi ternyata bukan hanya itu saja pesona yang ditawarkan oleh pulau pedas ini. Deretan air terjun yang mengelilingi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) juga punya pesona tersendiri. Salah duanya adalah Air Terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep.

Air Terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, sekitar 100 km dari Kota Mataram. Kalau menggunakan transportasi mobil baik pribadi maupun sewa atau angkutan umum menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan (melewati kawasan wisata Pusuk Pass). Sepanjang jalan menuju Desa Senaru kita akan disuguhkan pemandangan alam yang menarik seperti Pusuk dengan kera-kera jinaknya, 3 Gili dilihat dari darat, pemandangan pantai dan hamparan pohon buah jambu mete.

Lokasi air terjun pertama yang berada di Kawasan Rinjani ini dinamakan Air Terjun Sindang Gila (baca gile), karena menurut cerita, penduduk setempat secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan. Lokasi wisata yang lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik ini memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter, dari pintu masuk di loket (tiket Rp.2rb) kita harus menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan buah untuk menuju kawasan air terjun. Tapi semua rasa lelah dan kepenatan akan langsung hilang begitu melihat indahnya Air Terjun Sindang Gila ini. Air terjun ini muncul dari atas tebing dan jatuh ke sungai yang ada di bawahnya bagaikan tirai air. Dasarnya relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.

Terletak di ketinggian ± 600 m di atas permukaan laut, air terjun ini menawarkan suasana relaks dan damai. Bagi wisatawan yang jenuh dengan hingar-bingar kota, ada baiknya untuk singgah di lokasi wisata ini. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar, mampu membawa kita ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala. Selain itu, ada hal menarik lainnya yang membuat lokasi ini berbeda. Para penduduk setempat mempercayai bahwa air pada lokasi ini memiliki unsur magis yang bisa membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usianya bila mandi di bawah air terjun tersebut.

Ada lokasi air terjun lain di lokasi ini (air terjun kedua) yang bernama Tiu Kelep. Namun karena jarak tempuh dari Sindang Gila memakan waktu sekitar 1 jam dan kondisi jalan yang kurang baik, para wisatawan biasanya lebih memilih cukup mengunjungi air terjun Sindang Gila saja. Tapi bagi para petualang sejati mungkin akan merasa tertantang untuk dapat menaklukkan medan menuju air terjun Tiu Kelep. Kita akan soft trekking sedikit karena jalurnya berupa hutan dengan jalan setapak, melewati jembatan / saluran air dan menyeberangi sungai kecil yang berbatu cukup licin. Tapi begitu sampai di Tiu Kelep, kita akan lupa rasa lelah dan hanya bisa mengucap syukur akan pesona alam yang luar biasa ini. Tiu Kelep berarti Air Terbang, karena percikan air yang terbawa angin akan menyapu dan menyegarkan wajah kita pada jarak sekitar 50 meter. So Amazing Waterfall!

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below