Buku DAKL Seri Pantai!

Lombok. Sebuah pulau di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Secara geografis pulau ini berada di sebelah Timur Pulau Dewata, Bali dan di sebelah Barat Pulau Sumbawa.

Lombok memiliki begitu banyak julukan. “The sister island of Bali”, “Pulau Seribu Masjid”, ada juga yang menyebutnya Pulau Seribu Pantai. Mana yang benar? Tentu saja semua benar. Julukan The sister island of Bali muncul karena posisi pulau ini yang berdekatan dengan Pulau Bali dan banyak masyarakat dengan suku dan budaya Bali yang kental dan tinggal di Lombok. Sedangkan julukan “Pulau Seribu Masjid” tentunya karena mayoritas masyarakat Lombok beragama Islam dan terdapat banyak masjid di pulau ini.

Lalu dari mana datangnya sebutan Pulau Seribu Pantai? Bagi yang belum mengenal atau belum pernah sama sekali ke Lombok mungkin akan mengernyitkan dahi ketika mendengar julukan ini. Bagaimana tidak, karena mungkin selama ini mereka hanya mengenal Pantai Senggigi sebagai satu-satunya pantai yang indah di Pulau Lombok. Padahal sebenarnya terdapat begitu banyak pantai indah di Lombok yang juga berpotensi menjadi komoditas pariwisata.

DAKL 2Barat, Timur, Utara dan Selatan. Seluruh sisi Pulau Lombok itu mempunyai pantai-pantai dengan panorama alam yang sangat indah dan masih alami. Contohnya Pantai Kerandangan dan Setangi di Lombok Barat, Pantai Mawun dan Pantai Mawi di Lombok Tengah bagian selatan, Pantai Pink Tangsi dan Tanjung Bloam di Lombok Timur bagian selatan serta Pantai Sira dan Pantai Nipah di Lombok Utara.

Ironisnya, mayoritas dari pantai-pantai yang disebutkan di atas sama sekali masih asing terdengar. Kurangnya promosi wisata dari dinas terkait, akses jalan menuju lokasi pantai yang memprihatinkan, dan plang penunjuk jalan yang sangat sulit ditemui adalah beberapa faktor penyebab diantara banyak faktor lainnya mengapa pantai tersebut kurang populer. Padahal, jika saja promosi wisata gencar dilakukan dan tepat sasaran serta infrastruktur dibenahi maka pariwisata Lombok akan maju dan mampu bersaing sebagai tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Hadirnya buku “DONG AYOK KE LOMBOK” Seri Pantai ini diharapkan setidaknya secara khusus dapat menjadi salah satu upaya promosi pariwisata dalam bentuk buku saku bagi wisatawan ataupun calon wisatawan. Ungkapan “Dong Ayok Ke Lombok” sendiri berasal dari bahasa sehari-hari di Lombok yang berarti “mari datang dan kunjungi Lombok”. Tujuannya agar mereka mengenal lebih banyak lagi pantai-pantai di Lombok yang belum ter-ekspose.

Pada tujuan akhirnya, diharapkan pariwisata Lombok akan semakin dikenal dan terangkat di persaingan pariwisata internasional.

DAKL 3Harga Rp. 40.000,- Info Pemesanan Buku DAKL :

[Mataram]  Markas @ONOFFLombok Jl. Kesehatan I No. 8 Pajang Timur Mataram CP. @ifan_abdillah  081917015510, @momo_DM 08175701827 ; Toko Buku Airlangga Mataram ; Warung Serena Jl. Catur Warga No. 35 Mataram [Rembiga] Cafe KeDesa Jl. DR Wahidin Rembiga [Sandik] Perum Graha Sandik No. 5 Sandik, Batulayar – Lombok Barat CP. @Bli_Arie 081803651459 [Lombok Timur] CP. @Akbarozski 081931706106 [Jogja] Jl. Pusung 2 No. 24-26. Banteng – Sinduharjo Ngaglik, Sleman. CP: @v3Luv3 081328701311

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below