free website stats program

Sekilas Tentang Event Akbar Tambora Menyapa Dunia 2015

gunung tambora

InfoLombok.Net – Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mengadakan event pariwisata yang diklaim terakbar dan terbesar di tahun ini yaitu Tambora Menyapa Dunia 2015, mengenang 200 tahun letusan Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu. Gunung ini meletus pada tanggal 10 April 1815 menciptakan kaldera seluas 8km. Bahkan letusannya terasa hingga belahan lainnya. Akibat dari letusan ini negara-negara di Eropa hingga Amerika mengalami perubahan iklim yang drastis karena tidak ada musim panas dan mengakibatkan banyaknya penyakit dan kelaparan. Dalam bencana ini, 91.000 orang dikabarkan meninggal.

Di tahun 2015 ini, Provinsi NTB menyambut dan mengenang 200 tahun letusan dahsyat Gunung Tambora tersebut dengan mengadakan event akbar yang diberi nama Tambora Menyapa Dunia. Event ini rencananya tidak hanya berpusat di Dompu (letak Gunung Tambora) melainkan di beberapa Kabupaten di NTB. Event ini meliputi 4 hal, antara lain Bakti Sosial, Seni & Budaya, Seminar & Pengembangan Ilmu dan Pengetahuan serta Sport Adventure.

Untuk Bakti Sosial, pemerintah Provinsi akan mengadakan operasi katarak dan bibir sumbing, pengembangan ekonomi kreatif, penghijauan hutan kawasan Tambora, pameran produk unggulan seperti kopi tambora, pasar rakyat, serta pesta kuliner yang puncak acaranya di Desa Dorocanga, desa yang menjadi titik awal jalur pendakian ke Gunung Tambora.

Kegiatan kedua berbasis seni dan budaya akan melibatkan seluruh sanggar di Lingkar Tambora, mereka akan memperkenalkan berbagai kesenian termasuk menyajikan musik country konvensional dan modern, hingga upacara selamatan laut di kawasan Samota (Satonda, Moyo, Tambora) yang dijadwalkan diluncurkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Di Lingkar Tambora ini juga dilakukan pawai budaya pada 1 April 2015.

Kemudian acara selanjutnya adalah seminar dan pengembangan Ilmu Pengetahuan yang meliputi seminar pariwisata untuk menciptakan citra Tambora (20 Maret 2015), seminar arkeologi di Bima (9 April 2015), peluncuran kembali buku La Hami, pameran arkeologi dan museum (7-9 April 2015), seminar arsitektur landscape tentang vulkanologi (9-12 Agustus 2015) dan pameran foto yang sengaja dijadwalkan setelah puncak peringatan agar dapat melibatkan para fotografer yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Pacuan Kuda di Bima

Kegiatan terakhir yaitu Sport Adventure meliputi Tambora Bike dengan rute Tambora-Dompu (8-11 April 2015), Mount Tambora Ultra Trail Run dan Tambora Challenge (7-11 April 2015), Lari 10 K di Dompu (5 April 2015), Sepeda Gunung Nusantara (10 April 2015), Pacuan Kuda di Bima menggunakan joki cilik, serta atraksi menangkap sapi menggunakan laso atau tali.

Dalam event kali ini, Pemprov NTB menargetkan 2 juta kunjungan wisatawan, namun ada berbagai masalah yang timbul antara lain terbatasnya fasilitas kamar yang ada di sekitar lokasi event. Saat ini tercatat hanya ada sekitar 600 kamar yang tersedia dan untuk itu Pemprov akan mempersiapkan berbagai fasilitas tambahan berupa kamar terapung, tenda Polisi dan TNI serta rumah kayu yang diharapkan dapat menampung para tamu yang ingin menyaksikan event tersebut.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below