free website stats program

Sejarah Makam Jendral Van Ham

PPH Van Ham

Wisata sejarah di Lombok sangat menarik untuk dilakukan, karena ada banyak obyek wisata sejarah yang dapat anda temukan, antara lain peninggalan-peninggalan kerajaan yang pernah berkuasa di Lombok masa lalu hingga makam-makam para pembesar, salah satunya adalah makam PPH Van Ham.

PPH Van Ham adalah seorang Jendral dari Belanda yang datang ke Lombok pada bulan Agustus tahun 1894 dan saat ini makamnya ada di Mataram, tepatnya di pemakaman Hindu, Karang Jangkong. Mengapa makam seorang Jendral Belanda ada di pusat Kota Mataram?

PPH Van Ham

Seorang Warga Belanda melihat Makam salah satu Jendralnya.

Menurut sejarah, Belanda datang ke Pulau Lombok melalui pelabuhan Ampenan pada tahun 1894. Kemudian Raja Mataram yang saat itu berkuasa menolak kedatangan Belanda yang berstatus sebagai penjajah. Penolakan tersebut akhirnya menimbulkan peperangan antara kedua belah pihak. Dalam peperangan ini, Jendral Van Ham terbunuh dan untuk menghormati seorang petinggi yang gugur dalam peperangan maka jasadnya dimakamkan di pemakaman Hindu di Karang Jangkong.

Untuk dapat melihat makamnya cukup mudah, karena lokasi pemakaman ini sangat strategis, hanya berjarak sekitar 30 meter dari Mataram Mall dan dapat menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Saat ini banyak warga asing terutama dari Belanda yang berkunjung untuk melihat makam tersebut.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below