free website stats program

Pesona Mandalika Pikat Sejumlah Investor Asal Tiongkok

Mandalika Seminar

Beijing (03/06/2012) – Pada tanggal 3 Juli 2012, Duta Besar RI untuk RRT merangkap Mongolia, Imron Cotan, mengulas potensi investasi di Mandalika dalam Seminar on Mandalika Tourism Project, di China National Convention Center, Beijing, RRT. Seminar tersebut diselenggarakan oleh International Tourism Studies Association (ITSA) yang berkedudukan di Beijing, serta dihadiri oleh Presiden ITSA Prof. Alaistair Morrison, pengamat bidang pariwisata dan Professor dari Peking University Prof. Tiger Wu, sejumlah investor Tiongkok khususnya yang bergerak di bidang properti dan pembangunan luxury resort, serta beberapa media massa nasional Tiongkok.

Dubes RI menyampaikan bahwa data United Nations World Tourism Organization (UNWTO) menunjukan bahwa sektor pariwisata dunia tetap berkembang hingga 3.8 persen terlepas dari berlanjutnya krisis ekonomi global. Tahun 2011 lalu, sektor ini menambah pendapatan dunia sebesar 1 trilyun USD dan Indonesia diperkirakan berhasil meraup 8.4 milyar USD dari sektor pariwisata. Mengingat outbound tourists asal Tiongkok dipredikasi akan mencapai 100 juta orang pada tahun 2020, pasar pengunjung asal Tiongkok perlu diantisipasi dan diraih oleh industri pariwisata Indonesia.

Salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan adalah memanfaatkan peluang yang ditawarkan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang antara lain bertujuan meningkatkan inter-connectivity antara pulau-pulau produktif di Indonesia. Untuk itu KBRI Beijing mendukung penuh pembangunan kawasan wisata Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) serta perluasan Bandara Internasional Lombok, yang merupakan flagship project dari Koridor 5, Bali-Nusa Tenggara demi peningkatan kehidupan masyarakat dan pemerintah lokal.

Menjawab pertanyaan investor mengenai dukungan Pemerintah RI, Pemerintah NTB dan KBRI Beijing, Dubes RI menyatakan bahwa Pemerintah RI berkomitmen untuk menyukseskan proyek Mandalika tersebut. Oleh karena itu Perwakilan RI di RRT membuka pintu seluas-luasnya kepada para investor yang telah menunjukkan antusiasme tinggi untuk mengetahui secara terperinci kebijakan, hukum investasi dan hukum perburuhan Indonesia. KBRI Beijing juga mengundang para investor untuk hadir dalam Trade, Tourism and Investment (TTI) Promotion di Chengdu, pada tanggal 25 Juli 2012, dimana Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah NTB dijadwalkan akan datang sebagai salah satu narasumber. Dubes RI juga mengundang para investor untuk mengikuti roadshow MP3EI ke beberapa daerah di Indonesia, yang akan diselenggarakan KBRI Beijing pada September 2012.

Sementara Presiden ITSA menyampaikan gambaran umum mengenai potensi pariwisata Lombok, yang menurutnya dapat dikelola menjadi lebih baik dari Bali. Prof. Morrison berpendapat bahwa keindahan alam dan fasilitas yang mendukung proyek Mandalika dipastikan dapat menarik para wisatawan manca negara. Karenanya ITSA mengundang investor asal Tiongkok untuk menghadiri the 4th ITSA Biennial Conference di Bali, 23 – 25 Agustus 2012, serta mengunjungi lokasi proyek Mandalika bersama Bali Tourism Development Corporation (BTDC).

 

Sumber: Pesona Mandalika Pikat Sejumlah Investor Asal Tiongkok

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below