Peresean

peresean

pereseanPeresean adalah salah satu kebudayaan Sasak yang masih ada dan dilestarikan hingga saat ini. Kebudayaan ini berupa pertarungan dua orang lelaki menggunakan senjata rotan atau biasa disebut penjalin serta perisai yang terbuat dari kulit kerbau yang tebal dan keras atau biasa disebut ende. Dua lelaki petarung biasa disebut pepadu sedangkan wasit di pinggir disebut pakembar sedi dan wasit tengah disebut pekembar.

Sejarah peresean ini bermula dari upacara adat yang merupakan luapan emosi para prajurit jaman kerajaan dulu setelah mengalahkan lawan di medan perang. Kebudayaan tersebut masih ada dan menjadi hiburan saat ini.

Para petarung hanya menggunakan celana atau sarung tanpa menggunakan baju dengan bersenjatakan rotan dan perisai saling bertarung dan ditonton oleh ratusan penonton sambil diiringi oleh musik Gamelan. Para petarung bisa berasal dari mana saja dan penontonpun dapat turut serta.

Untuk masalah aturan sangatlah sederhana, tidak boleh memukul bagian bawah perut dan siapapun yang mengalami luka dikepala atau bocor dianggap KO.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below