Pedasnya Nasi Balap Puyung Bikin Ketagihan

InfoLombok.Net – Lombok dikenal dengan daerah wisatanya yang indah dan alami. Kulinernya pun tidak kalah populer, beberapa jenis kuliner asli Lombok terkenal karena pedasnya, salah satunya adalah Nasi Balap Puyung.

Masakan khas Suku Sasak ini sudah ada sejak tahun 1970an diracik oleh Inaq Esun, seorang pedagang nasi asal Puyung, Lombok Tengah. Bumbu asli Nasi Balap Puyung sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, dimana makanan ini adalah hidangan untuk prajurit-prajurit Kerajaan.

Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung saat ini merupakan makanan yang populer di Lombok. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mencoba dan ketagihan akan pedasnya makanan khas yang hanya terdiri dari nasi putih, kacang kedelai, abon ayam dan ayam pelecingan tersebut. Tidak sedikit orang dari luar daerah seperti Surabaya, Jakarta dan Bandung yang memesan makanan ini untuk dikirim ke Kota Mereka.

Saat ini Nasi Balap Puyung terdapat di Desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di kedai-kedai kecil di depan Lapangan Puyung dan di Dusun Lingkung Daye. Untuk daerah Mataram, Nasi Balap Puyung terdapat di Jl. Majapahit tepat di depan Kantor Jasa Raharja dan di Jl. Trunojoyo.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below