free website stats program

Pawai Budaya Lintas Etnis Harganas XIX

Salah satu rangkaian dalam Harganas XIX yang diselenggarakan di kota Mataram adalah Pawai Budaya Lintas Etnis. Pawai yang diikuti oleh perwakilan kontingen peserta Harganas XIX diselenggarakan pada hari Kamis (28/6). Rangkaian pawai diawali dengan sambutan dari Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh. Dalam sambutannya, H. Ahyar Abduh menjelaskan tentang event-event berskala nasional maupun internasional yang telah dan akan dilaksanakan di kota Mataram. “Hal ini membuktikan bahwa kota Mataram layak menjadi tuan rumah event-event besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini hadir pula Kepala BKKBN Pusat beserta pejabat pemerintah kota Mataram.

Pawai dilepas secara resmi oleh Walikota Mataram setelah mendapat laporan singkat dari pemucuk tentang pelaksanaan Pawai Budaya Lintas Etnis. Pemucuk terdiri dari perwakilan tokoh seni dan budaya. Tepat pukul 15.00 Wita peserta pun dilepas untuk melakukan pawai budaya sepanjang jalan Pejanggik sampai bundaran Karang Jangkong Mataram.

Barisan terdepan pawai budaya kali ini adalah kelompok kesenian khas Lombok, Gendang Beleq. Kelompok pemain Gendang Beleq beratraksi menunjukkan kemampuannya dalam memainkan alat musik. Selanjutnya disusul oleh kelompok-kelompok lainnya. Kelompok-kelompok yang mengikuti pawai ini diantaranya yaitu Marching Band SMP yang ada di kota Mataram, busana adat, kesenian Cupak Gerantang, Barongsai, kepala sekolah se-kota Mataram, Praje, ngurisan, peresean, dan kelompok prosesi nyongkolan. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk menunjukkan atraksi di depan panggung kehormatan.

Tepat pukul 16.00 Wita, semua kelompok sudah dilepas dan diakhiri oleh penampilan dari kelompok Mbojo yang tinggal di Mataram. Pelajaran yang didapat dari acara yang dirangkai dengan Harganas XIX itu adalah bahwa keberagaman budaya termasuk adat dan tradisi harus dijaga kelestariannya. Semoga mampu menggugah generasi muda untuk tetap menghargai kebudayaan dengan cara aktif menjaga dan melestarikannya. [Momo]

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below