Pantai Pangsing, Membuat Takjub Tak Bergeming

Lombok memang sudah dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid saking banyaknya jumlah masjid yang dibangun di pulau ini. Tapi saatnya ada tambahan julukan lagi buat pulau eksotis ini yaitu Pulau Seribu Pantai! Siapa yang tidak tahu keindahan deretan pantai di pulau tetangga Pulau Sumbawa ini. Satu lagi pantai indah dan alami menambah daftar panjang pantai-pantai indah di pulau pedas ini yaitu Pantai Pangsing.

Pantai ini berlokasi di Dusun Pangsing Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Bisa ditempuh dengan kendaran roda dua maupun roda empat sekitar 2 jam dari Mataram. Rute dari Mataram – Gerung – Lembar – Pertigaan Sekotong belok kiri ke arah Sepi – Pertigaan Sepi lurus ke arah Buwun Mas – sebelum SDN 1 Buwun Mas ada tempat penyeberangan kapal nelayan ke Pangsing. Lama penyeberangan sekitar 15 menit saja. Sebenarnya untuk mencapai Pantai Pangsing ini bisa melalui darat tanpa nyebrang laut sekitar 45 menitan, tapi jalan rusak dan lumayan jauh memutarnya.

Suasana di Pantai Pangsing masih sangat alami mirip di Gili Air Lombok Utara. Terdapat beberapa bangunan rumah penduduk dan satu gedung sekolah serta ada satu penginapan berupa resort mini / bungalow milik warga Australia. Info dari warga sekitar pantai, bungalow tersebut disewakan untuk wisatawan sekitar Rp.800rb – Rp.850rb per malam plus sarapan dan gratis menyeberang dari Buwun Mas. Sebanyak 8 kamar berupa gazebo (bangunan kamar mirip berugak) yang terdapat di bungalow itu, tapi hanya sedikit yang disewakan karena sudah digunakan oleh sang pemilik sebagai rumahnya. Resort ini juga menawarkan paket diving bagi wisatawan yang berkunjung. Kebanyakan wisatawan yang datang memang bertujuan untuk diving saja tanpa menginap.

Keindahan Pantai Pangsing yang berbatasan langsung dengan Teluk Belongas ini memiliki spot diving yang lumayan indah. Laut dengan ombak yang tenang, dikelilingi perbukitan yang hijau dan menjulang, pasir putih halus dan air laut yang jernih benar-benar menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Takjub tak bergeming! Tidak diragukan lagi daerah Sekotong menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa selain potensi pertambangan emas. Banyak investor yang sudah datang survey dan menginvestasikan dana untuk membangun resort-resort kelas dunia di Sekotong. Semoga pariwisata Lombok semakin maju.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below