free website stats program

Pameran Keris dan Batu Akik Termegah di NTB

Trend batu akik akhir-akhir ini terus meningkat, hal ini dapat dibuktikan dari menjamurnya para pedagang musiman. Salah satunya yang terdapat di sekitar Taman Mayura, Cakranegara, Kota Mataram. Hal ini membuat para pemerhati sekaligus budayawan asli Lombok yang dimotori oleh Lalu Harris yang akrab disapa Jaye Kelane beserta rekannya H. Lalu Sofiyar Putrangga serta A.A Ketut Agung Oka Kartha Wirya berinisiatif untuk mengadakan batu Akik tingkat provinsi yang dirangkai dengan pertunjukan budaya dan kesenian asli Lombok serta pameran Keris.

Taman Mayura yang saat ini dikelola oleh pewaris A.A Made Jelantik Agung Barayang Wangsa, SH merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan pameran ini, karena selain suasana tradisional yang masih kental akan sejarah dan budaya Sasak tulen juga didukung oleh segenap masyarakat sekitar, salah satunya adalah Karang Taruna Mayura, Cakranegara. “Kami siap memeriahkan sekaligus menjaga keamanan serta kenyamanan para pengunjung dan juga para peserta pameran keris dan batu Akik tahun ini.” Kata Dedi Jaye selaku Tokoh Pemuda Mayura.

Web

Tema Event ini adalah Mengangkat Ekonomi Kerakyatan dan Mempertahankan Seni Budaya Sasak. Sesuai dengan tema tersebut diharapkan event ini dapat memberikan dampak positif bagi kegiatan perekonomian masyarakat khususnya di kelurahan Mayura Cakranegara. “Kami berharap event ini dapat menjadi momen bangkitnya Kebudayaan Sasak dan mempersatukan komunitas-komunitas pemerhati Budaya Sasak di seluruh Lombok, sesuai dengan motto kami, Sopoq Angen.” Pungkas H. Lalu Sofiyar Putrangga, S.Ip (Ketua Umum PASAKA). PASAKA sendiri merupakan Komunitas pemerhati Sejarah, Seni dan Budaya Sasak (Lombok).

Pameran Keris dan Batu Akik 2015 akan berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 2 s/d 5 Juni 2015 bertempat di Taman Mayura, Cakranegara, Kota Mataram.

Selain memamerkan Keris dan Batu Akik, event ini juga mengapresiasi para kolektor batu akik untuk berpartisipasi dalam kontes Batu Akik Lokal khas NTB dengan kriteria penilaian antara lain motif dan tingkat kekerasan batu tersebut.

Apresiasi Masyarakat NTB terhadap event ini dibuktikan dengan banyaknya peminat dan peserta yang telah memenuhi stand yang disediakan oleh panitia serta banyaknya peserta kontes yang siap bersaing dengan batu akik kesayangannya. Apakah batu akik anda layak dikatakan sebagai batu akik lokal yang berkualitas?

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below