Opening Ceremony Peksiminas XI 2012 Meriah!

Perhelatan akbar kembali di gelar dengan Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumahnya. Setelah sukses Harganas 2012, Lombok International Dance Festival 2012, serta Lombok Sumbawa Pearl Festival 2012, Nusa Tenggara Barat dipercaya menjadi Penyelenggara event 2 tahun sekali khusus mahasiswa perguruan tinggi, yakni Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang pada tahun 2012 ini memasuki tahun XI pelaksanaannya. Peksiminas XI 2012 akan digelar selama 6 hari dari tanggal 1-6 Juli 2012. Opening ceremony yang dilaksanakan di gedung Auditorium M. Yusuf Abu Bakar Universitas Mataram kemarin (02/07) berlangsung sangat meriah. Mulai dari penyambutan para kontingen di depan Rektorat Universitas Mataram dan diantar menuju lokasi acara pembukaan, sampai  suguhan ketika acara sedang berlangsung. Terutama suguhan tari Medley Nusantara yang menampilkan semua tari dari ujung barat Indonesia sampai ujung timur Indonesia. Acara ini menjadi lebih istimewa karena dihadiri oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekda NTB dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muh. Nuh, yang sekaligus membuka acara Peksiminas XI 2012 secara resmi.

Dalam sambutan singkatnya, Muh. Nuh menyampaikan bahwa yang ingin kita bangun adalah budaya bersatu, agar kita bangga dan tidak minder dengan budaya sendiri, sehingga perlu dijaga agar tidak diklaim oleh negara lain. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di sela-sela sambutannya sempat meminta dua peserta untuk maju ke dan menemaninya di depan. Bahkan sempat meminta keduanya menunjukkan kemampuannya untuk bernyanyi. Aksi dadakan Pak Menteri dan ekspresi kedua peserta dari Bengkulu dan Sumatera Utara itu memeriahkan acara pembukaan.

Peksiminas XI 2012 yang mengambil tema “Seni Untuk Perdamaian dan Persaudaraan Indonesia” diikuti oleh 857 peserta dari 28 Provinsi, 5 Provinsi dari 33 Provinsi di Indonesia tidak ikut serta. Peksiminas tahun ini memperlombakan 15 tangkai lomba dengan lokasi yang berbeda-beda di Kota Mataram.

 

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below