free website stats program

Mutiara Lombok

Salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa ketika berkunjung ke Lombok adalah mutiara! Mutiara masuk ke dalam kategori perhiasan dan bisa dikatakan sebagai barang mewah. Selain bentuknya yang bulat, mutiara juga memiliki warna yang bervariasi, yaitu putih, perak dan keemasan. Ada banyak mutiara di seluruh dunia, namun salah satu mutiara yang paling terkenal adalah Mutiara Lombok.

Mutiara Lombok dijual dalam bentuk bijian hingga perhiasan jadi seperti cincin, kalung, gelang, liontin, anting-anting. Harganya bervariasi tergantung grade dari mutiara tersebut dan perhiasan yang dikombinasikan dengan mutiara tadi. Ada beberapa tempat bagi anda yang ingin berburu Mutiara Lombok, antara lain di daerah Sekarbela, Pagutan dan Montong.

Berikut ini beberapa tips dari Sekretaris Jenderal Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (Asbumi), Bambang Setiawan, untuk mengetahui apakah mutiara Lombok tersebut asli apa palsu. Mutiara asli Lombok, semuanya telah diekspor. Mutiara yang ada di pertokoan adalah mutiara-mutiara kualitas di bawah ekspor dan mutiara dari China. Mutiara China itu berwarna, seperti hitam, hijau, merah muda dan sebagainya. Kalau mutiara asli Lombok tidak berwarna (lihat dengan mata telanjang). Mutiara asli lebih berat daripada yang buatan, bila diraba permukaan mutiara asli lebih kasar dan kadang memiliki cacat, tidak mulus. Hal itu karena mutiara asli melewati proses pembentukan alami dari kerang, bukan bentukan industri. Kalau mau tahu lagi, bisa dicoba dibakar atau digosokkan dengan cairan aseton. Kalau tahan, berarti mutiara asli.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below