free website stats program

Mengintip Keindahan Air Terjun Jerman alias Jeruk Manis

air terjun jeruk manis

InfoLombok.Net – Mungkin bagi masyarakat Lombok, sudah sering mendengar plesetan bahwa Lombok juga punya Jerman atau Jeruk Manis. Ini bukanlah nama buah-buahan melainkan sebuah tempat yang terletak di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki obyek wisata yaitu air terjun. Air terjun Jeruk Manis ini terletak di Desa Barong Panas sebelah Utara Tete Batu. Air terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani dengan ketinggian 50 meter.

Untuk dapat ke lokasi air terjun, anda dapat menggunakan sepeda motor dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Desa Lendang Nangka. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi keindahan panorama alam hutan kaki Gunung Rinjani dengan udara yang segar dan sejuk serta suasana yang sungguh damai dan alami. Oh ya, kalau anda berkunjung kesana, jangan lupa untuk membawa cemilan, tapi ini bukan untuk bekal anda, melainkan untuk dibagi-bagikan kepada kera-kera yang berkeliaran di sekitar kawasan wisata ini.

Di sekitar air terjun terdapat kolam alami yang dangkal dan tidak berbahaya. Siapa saja dapat berendam bahkan anak kecil yang tidak bisa berenang pun dapat menikmati segarnya air di kaki Gunung Rinjani tersebut. Selain menikmati keindahan alam air terjun Jeruk Manis, para pengunjung juga dapat melihat panorama alam melalui atas bukit air terjun melalui jalur yang telah disediakan. Namun harus berhati-hati karena jalur yang dilalui sedikit licin dan curam. Di sisi atas air terjun tersebut, para pengunjung dapat melihat pemandangan sungai bebatuan dan juga hutan hijau alami.

Menurut kepercayaan warga lokal, air terjun ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga dapat menumbuhkan dan menyuburkan rambut. Pemangku adat akan melakukan kegiatan ritual bagi pengunjung yang berniat untuk menyembuhkan penyakit di air terjun tersebut.

Bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Air Terjun Jeruk Manis jangan lupa akan satu hal, yaitu jagalah kebersihan, karena seindah apapun obyek wisata tersebut akan tidak nyaman jika kotor.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below