Mengintip Eksotisme Peninggalan Pecinan Lawas di Lombok

InfoLombok.Net – Pulau Lombok terkenal karena memiliki berbagai keindahan panorama alam yang masih natural dan hijau. Hal tersebut menjadi tujuan para wisatawan berbondong-bondong datang ke Lombok hanya untuk membuktikan dan juga menikmatinya. Namun tidak hanya sampai disitu, ada berbagai sisi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan salah satunya adalah kehidupan sosial dan sejarahnya.

Salah satu kawasan bersejarah yang masih utuh hingga saat ini adalah peninggalan Pecinan lawas yang terdapat di Ampenan, Kota Mataram. Ampenan dulunya merupakan pusat pelabuhan untuk wilayah Lombok yang dibangun oleh Belanda pada abad ke 19.

Sejarah Ampenan
Sebuah foto tua yang diambil dari Museum di Belanda. Foto Ampenan pada abad ke 19

Dari segi kehidupan sosial, Ampenan terdiri dari beberapa macam suku dan etnis diantaranya adalah etnis Tionghoa, etnis Arab, etnis Bugis dan Melayu dan warga lokal. Mereka memiliki wilayah masing-masing yaitu Pecinan, Kampung Arab dan Kampung Bugis.

Jika kita melewati Kawasan Simpang Lima Ampenan, kita akan melihat bangunan-bangunan tua yang didiami oleh penduduk dengan Etnis Tionghoa. Mereka rata-rata mengelola toko-toko yang memang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Saat menyusuri jalan Koperasi menuju ke arah Barat, kita akan melihat sebuah bangunan tua dengan tulisan besar yaitu “Hok Kian Kong Hwee”. Bangunan tersebut merupakan tempat pertemuan dan perkumpulan warga Hokkian yang ada di Lombok. Semakin ke arah Barat dan menuju pantai kita akan banyak melihat banyak bangunan-bangunan tua peninggalan etnis Tionghoa dan ada salah satu bangunan yang menarik di antara bangunan-bangunan tua tersebut yaitu sebuah Klenteng kecil atau Viharra Bao Hoa Gong atau dikenal Po Hwa Kong (Vihara Bodhi Dharma) yang berdiri pada tahun 1840.

Pecinan Lombok

Jika kita melanjutkan perjalanan menuju arah Utara (Senggigi) sepanjang jalan kita akan melihat toko-toko tua yang sebagian besar dikelola oleh etnis-etnis Tionghoa dan batas dari wilayah Pecinan terletak di Pemakaman Bintaro, Jl. Saleh Sungkar.

Pulau Lombok dianugerahkan keindahan alam yang luar biasa serta sejarah yang sangat menarik untuk disimak.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below