Masjid Kuno Bayan

Di bulan suci Ramadhan 1434H kali ini, ada baikya jika kita menyimak tentang salah satu sejarah perjalanan Agama Islam di Lombok. Salah satu bangunan bersejarah Agama Islam di Lombok yaitu Masjid Kuno Bayan.

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan berdiri sejak abad ke 16

Masjid ini terletak di Bayan, Kabupaten Lombok Utara sekitar 80km dari Kota Mataram. Menurut sejarah ada dua versi siapa yang membangun Masjid ini. Salah satu versi mengatakan bahwa Sunan Giri yang membangun Masjid ini di sebidang tanah yang diberikan oleh Datu Bayan pada abad ke 16. Namun di versi lain mengatakan bahwa Sunan Prapen lah yang membangun masjid ini, beliau adalah cucu dari Sunan Giri.

Masjid Kuno ini hanya digunakan saat hari-hari besar keagamaan, seperti Maulid Nabi, Sholat Tarawih dan Sholat Ied. Di hari biasa, Masjid ini terlihat sangat sepi bahkan seperti bangunan mati karena tidak ada lampu ataupun listrik.

Bangunan masjid ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu dengan model konstruksi bangunan yang tidak berubah hingga saat ini. Walaupun sudah direnovasi berkali-kali namun bentuknya tetap dilestarikan.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below