free website stats program

Keindahan Terhampar di Batu Nampar

Sama seperti pantai-pantai indah di daerah Jerowaru Lombok Timur seperti Kaliantan, Cemara, Surga, Pink Tangsi, Tanjung Ringgit, rasanya Pantai Batu Nampar juga wajib dikunjungi. Karakeristik pantai ini juga sama seperti pantai-pantai yang berada di wilayah selatan Lombok pada umumnya, yakni garis pantai berbentuk teluk (cekung) ombaknya pecah di tengah, airnya yang biru dan pasirnya yang berbentuk merica, karena memang Pantai Batu Nampar ini berada segaris dengan Pantai Tanjung Aan dan Pantai Gerupuk di Lombok Tengah.

Pantai Batu Nampar ini masih alami, belum ada aktivitas pembangunan apapun di pesisirnya, hanya ada satu kafe yang baru berdiri, itupun jaraknya jauh dari bibir pantai. Rute menuju Batu Nampar ini tidak susah. Pertigaan kantor Desa Sukaraja (kalo dari arah Praya) ke kanan, lurus, nanti ketemu pertigaan belok kiri, lurus lagi ketemu pertigaan ambil kanan. Terus aja ikuti jalan yang beraspal (aspalnya sudah bagus) ketemu pasar, ada perempatan belok kiri. Lurus sampai nanti ketemu Tambak Garam, ikuti jalan dan sampailah di Pantai Batu Nampar. Di sisi timur Pantai Batu Nampar ini berdiri sebuah dermaga, namanya Dermaga Batu Nampar. Dermaga ini melayani rute penyeberangan ke Gili Linus, gili yang berada sekitar 500 meter dari dermaga dan melayani rute penyeberangan beberapa tambak lobster di wilayah Batu Nampar. Di sisi timur ini juga suasana pantai mirip seperti Pantai Mandalika, Lombok Tengah, sekitar 10 meter dari bibir pantai kita masih bisa berjalan ke tengah lautan, mungkin snorkeling adalah aktifitas yang paling cocok disini.

Daya tarik Pantai Batu Nampar lainnya adalah bukit-bukit yang eksotis di pinggir pantai, dimana menaiki bukit-bukit tersebut harus melewati perkampungan dan menempuh jarak yang cukup lama serta jauh dari bibir pantai. Di sisi sebelah barat Pantai Batu Nampar ini ada bekas dermaga yang menjulur ke tengah lautan, bekas dermaga ini digunakan warga setempat untuk memancing, tetapi bangunan tersebut akan tertutup oleh air laut jika arus sedang pasang.

Selain pemandangan alam indah yang ditawarkan Pantai Batu Nampar, kita disini juga bisa berwisata kuliner! Batu Nampar adalah “surga” lobster setelah Teluk Ekas. Beberapa tambak lobster berdiri di tengah lautan Batu Nampar, tapi jangan harap bisa membeli lobster apabila belum musimnya. Tunggu dulu musim panennya, anda akan mendapatkan harga yang paling murah, karena lobster-lobster di Batu Nampar ini dikategorikan “belum masuk pasar”.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below