free website stats program

Kegiatan LBH-APIK NTB dan AKAPELA di Mataram, Lobar dan KLU

Dalam rangka penguatan pemahaman dasar tentang Hakasasi Manusia (HAM), Hak Asasi Perempuan (HAP) dan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB) pada anggota Aliansi Kerukunan Antar Pemuda Lintas Agama (AKAPELA). LBH APIK NTB bekerjasama menyelenggarakan Dialog tematik keliling, kegiatan tersebut dimulai dari Akapela Kota Mataram, Lombok Barat,dan KLU.

Kegiatan Dialog Tematik tersebut dilaksanakan dari tanggal 24 – 26 oktober 2014 dan bertempat lansung di Mataram, Lobar dan KLU. Selain dialog tematik tentang HAM, HAP dan KBB, Akapela juga melakukan kunjungan sekaligus silaturrahmi ke tokoh agama, tokoh pemuda, dan intansi pemerintahan seperti, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) NTB, kantor Camat Kediri, Lombok Barat, dan Forum Kerukunan pemuda Agama Hindu (FKPH) KLU.

Surya Jaya (LBH APIK NTB), tujuan dari kegiatan dialog tematik ini dilaksanakan adalah agar pemahaman anggota Akepela Kota Matam, Lombo Barat dan KLU lebih mendapat pemahaman tentang pentingnya HAM, HAP dan KBB dalam kehidupan sehari-hari. Selain dialog tematik, kunjungan kesemua tokoh agama, seperti, Agama Islam, Hindu, Katolik, Buddha dan Kriten Protesten akan terus dilakukan.

Kurangnya pemahaman dan mulai berkurangnya silaturrahmi antar pemuda lintas agama makanya, sasaran pesertanya adalah Mahasiswa dan pemuda di Kota Mataram, Lombok Barat dan KLU. Adapun dialog tematik mengahadirkan pemateri dari pegiat LSM, Akademisi dan tokoh lintas agama di NTB.

Harapan dari kegiatan, munculnya kesadaran pada anggota Akapela, dan pemuda lintas agama tentang pemahaman HAM, HAP dan KBB. Sehingga dari hasil dialog ini mampu mereka aplikasikan kelingkungan mereka masing-masing. Sedang silaturrahmi ketokoh agama, agar hubungan baik antar pemuda lintas agama dan tokoh agama tetap dijaga dan dibangun, tanpa harus memandang agama dan keyakinan. Kata Surya LBH APIK NTB.

Hal yang sama diucapkan oleh, Azkia, (KetuaAkapela) NTB, kegiatan diskusi tentang HAM, HAP dan KBB dan kunjungan ketokoh agama, pemuda lintas agama kami lakukan secara bergulir dan ituintens kami lakukan bersama teman di Akapela Kota Mataram, Lombok Barat, dan KLU. Tidak hanya itu dialog tentang agama yang damai (toleran) menjadi focus utama kami.

Kami juga sangat berterimakasih pada LBH APIK NTB yang sudah memfaslitasi kegiatan Akapela dan kegiatan kepemudaan.

Harapan dari kegiatan ini adalah, agar pemahaman pemuda lintas agama khususnya di anggota Akapela memahami tentang materi-materi yang sudah disampaikan. Sehingga untuk melakukan penguatan terhadap pemahaman mereka itu, maka dilakukanlah kunjungan ketokoh agama, pemuda lintas agama, instansi pemerintahan yang berkaitan dengan menjaga kedamaian dan keharmonisan antar agama. UcapAzkia

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below