free website stats program

Jelajah Ampenan, Kota Tua Penuh Sejarah

Kota Tua Ampenan

Jalan – jalan ke Lombok, jangan Cuma menikmati suasana pantai dan gunung saja, menikmati suasana kota pun asyik buat dicoba. Yuk, keliling bersama saya, menikmati Kota Tua di Lombok !

Wisata Kota Tua

Wisata kota tua sebenarnya belum terlalu terkenal di Lombok, tapi tidak ada salahnya loh dicoba, hitung – hitung keluar sebentar dari rutinitas mainstream yang kamu lakukan. Wisata Kota Tua, ada baiknya menjelajah Kota Tua Ampenan. Ampenan, adalah kota pesisir yang terletak di bagian barat Pulau Lombok, hanya 10 menit dari pusat Kota Mataram. Dulunya, sebelum ada pelabuhan Lembar, Ampenan menjadi gerbang masuk bagi para pendatang dan pedagang dari luar daerah, tapi karena beberapa alas an, Ampenan sekarang sudah tidak difungsikan sebagai pelabuhan lagi.

Menjelajahi Kota Ampenan, mari mulai dari pasar yang ada disana, Pasar Ampenan. Pasar ini, sama seperti pasar tradisional lainnya, menawarkan beragam kebutuhan pasar yang menjadi incaran bagi para ibu – ibu rumah tangga. Loh, apa menariknya menjelajahi pasar ? sisi menariknya, sepanjang jalan dekat pasar ini, terdapat bangunan – bangunan peninggalan jaman belanda yang unik, pastinya kalian tidak mau ketinggalan berfoto dengan latar bangunan tua tersebut. Di pasarnya sendiri, kalau pagi hari, dengan mudahnya kalian bisa temui pedagang makanan ringan, bahkan beberapa makanan tradisional juga menjajakan dagangannya, sebut saja putu mayang, onde – onde, cerorot, sate pusut dan sate ikan juga ada.

Kampung Ampenan

Menjelajah lagi ke arah perkampungan, jangan kaget saat anda tidak merasa di Lombok ! karena, perkampungan di Ampenan ini, merupakan perkampungan beragam suku yang sudah berakulturasi, sebut saja terdapat kampung melayu, kampung arab, dan cina banyak ada disini, unik ! makanya, beberapa rumah terdapat ornament khas masing – masing suku, beragam penjaja kaki lima juga menjajakan masing – masing dagangan khas mereka. Tapi walaupun berbeda, suasana akrab dan santai sangat terasa. Contohnya, di satu wilayah, masjid dan viharra dapat berdiri berdampingan dengan damainya, indah sekali !
Viharra yang ada di Ampenan pun, unik sekali karena merupakan vihara tertua yang ada disini, ornament khas meramaikan suasana viharranya, bagi yang ingin berfoto sah – sah saja, tapi tetap ingat menghormati tempat ibadah ya !

Pantai Ampenan

Berjalan kearah Pantai Ampenan, suasana khas pantai terasa sekali, panas ! tapi panasnya tidak mengurangi keasyikan bermain disini. Sebagai pelabuhan pertama yang ada di Lombok, sisa – sisa dermaga masih terlihat, walaupun hanya berupa tonggak – tonggak besi saja. Tonggak – tonggak besi tersebut membawa kita bernostalgia membayangkan ramainya suasana pelabuhan kala itu, coba duduk dipinggir pantainya, tutup matamu dan bayangkan suasana kala itu. Beragam suku dan budaya masuk melalui gerbang pertama di Lombok tersebut, beralkuturasi membentuk budaya Lombok yang ada sekarang.
Menikmati pantai ini pun menyenangkan, walaupun berpasir hitam, jangan remehkan keindahannya. Berenang dan main pasir disini cukup menyenangkan loh, walaupun tidak ada fasilitas semacam snorkeling ataupun kano disini. Tidak suka berenang ? jangan khawatir, bagi anda yang hobi memancing, jangan lupa membawa kail anda, disini banyak loh pemancing yang mencoba peruntungannya, karena memang di pantai ini, banyak ikan yang bisa anda dapatkan. Spot favorit para pemancing adalah tonggak – tonggak besi yang ada ditengah laut tersebut, berenang saja sedikit kearah tonggak – tonggak tersebut, nanti diatasnya terdapat papan – papan yang sudah ditata sebagai tempat duduk.

Matahari Terbenam Ampenan

Menanti matahari terbenam disini juga keren loh, pantainya yang berhadapan dengan selat Lombok, menawarkan pemandangan laut lepas dengan senja yang menawan. Langit yang perlahan jingga dengan matahari perlahan turun, berlatar Gunung Agung dikejauhan dijamin sempurna menutup hari kalian.

Tak terasa seharian berjalan, perut mulai lapar, jangan takut, di pantai ini banyak penjual makanan ringan. Secangkir kopi dan jagung bakar pun cukup asyik loh mengganjal perut sembari masih menikmati malam yang perlahan datang menyapa disini.

Kota Ampenan

Bagaimana seharian berkeliling Ampenan, Si Kota Tua yang memikat ? keluar dari kebiasaan mainstream dan mencoba hal baru saat backpacking, cukup seru juga kan ? aah, Ampenan, tua pun memikat !

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below