free website stats program

Islam Wetu Telu

Perkembangan Agama Islam di Lombok berkembang cukup pesat. Sebelumnya Lombok dikuasai oleh Kerajaan Hindu. Kemudian pada abad ke 16 Agama Islam mulai disebarkan oleh Sunan Prapen ke Pulau ini khususnya di Bayan, Lombok Utara.

Masjid Bayan

Masjid Bayan Kuno, salah satu peninggalan Sunan Prapen

Akan tetapi sebelum ajaran Agama Islam selesai disebarkan / belum sempurna, Sunan Prapen terlebih dahulu meninggalkan Pulau Lombok sehingga ajaran yang diterima masih setengah-setengah. Penduduk di Bayan kemudian mencampur ajaran tersebut dengan kebudayaan mereka, sehingga munculah istilah Islam Wetu Telu.

Islam Wetu Telu adalah Bahasa Sasak dari Islam Tiga Waktu. Maksudnya pengerjaan ibadah-ibadah dalam Islam dilakukan tiga kali. Seperti bulan puasa saat ini. Muslim yang menganut Wetu Telu berpuasa pada saat pertama, pertengahan dan terakhir.

Ajarin Islam ini memang sangat menyimpang dan menyalahi aturan. Namun menurut penduduk setempat, kegiatan ini bukanlah ajaran agama melainkan pelestarian kebudayaan yang sudah ada sejak beberapa abad yang lampau.

Salah satu peninggalan Sunan Prapen dalam menyebarluaskan ajaran Agama Islam di Bayan adalah Masjid Kuno Bayan yang memiliki desain seperti rumah adat masa lampau.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below