Investor Tiongkok Siap Berinvestasi di Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini tengah dilirik oleh berbagai investor mancanegara dari berbagai sektor, salah satunya adalah Tiongkok yang menunjukkan ketertarikannya untuk berinvestasi di NTB. Para pengusaha Tiongkok yang hadir dalam forum kerja sama investasi NTB dan seminar promosi investasi mengungkapkan bahwa mereka sedang menjajaki beberapa peluang usaha di NTB.

Sementara itu, Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi menyambut baik hal tersebut dan berharap dapat segera direalisasikan. Saat ini ada tiga kawasan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah dan membutuhkan investor yang serius, antara lain kawasan Mandalika, pengembangan perikanan, pertanian, perkebunan di Samota Sumbawa, dan pengembangan Global Hub di Lombok Utara. Gubernur juga berkomitmen untuk mempermudah berbagai hal yang selama ini menjadi kendala para investor.

Konjen RRT Hu Yin Quan mengatakan saat ini Tiongkok tengah serius menggarap peluang investasi khususnya di daerah Bali, NTB dan NTT karena menurutnya ketiga lokasi ini sangat strategis karena dapat menghubungkan wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Namun dirinya mengakui masih terkendala oleh lahan dan izin ketenagakerjaan.

Menurut Ketua Kadin Pengusaha RRT di Indonesia Zhang Min mengatakan jika Gubernur NTB dapat mempermudah urusan izin lahan dan juga izin ketenagakerjaan, maka dia menjamin separo investasi Tiongkok terhadap Indonesia akan masuk ke NTB.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below