free website stats program

Gili Trawangan, The Only Destination

Siapa yang tidak kenal pulau kecil yang satu ini. Ya Gili Trawangan sudah sangat terkenal sebagai destinasi wisata terbaik di Pulau Lombok – NTB, Indonesia bahkan dunia.  Terletak di seberang Pulau Lombok dimana tiga gili yaitu Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan (Gili Matra) termasuk dalam wilayah Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan menuju Gili Trawangan ini paling asyik dilakukan pada weekend hari Sabtu-Minggu jika tidak memiliki banyak waktu buat liburan (2 hari 1 malam). Berangkat dari Mataram bisa lewat jalur Pusuk atau Senggigi dengan view yang berbeda keindahannya. Di jalur Pusuk kita akan memutari bukit dengan hutan lebat yang dihuni oleh sekumpulan monyet jinak dan bisa mampir sebentar untuk memberi makan kacang atau pisang.

Rute Mataram – Pelabuhan Bangsal memakan waktu kurang lebih 45 menit – 1 jam. Kendaraan umum atau pribadi harus turun di terminal kemudian lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal dengan jalan kaki atau naik cidomo sekitar 500 m, tawar menawar Rp.15.000,- s/d Rp.25.000,-/cidomo buat 4-5 orang. Setelah membeli tiket masuk kawasan rekreasi pantai sebesar Rp.2.000,- dan tiket Public Boat Rp.10.000,-/orang plus layanan terminal Rp.500,- (bisa carter seharga sekitar Rp.300.000,- sampai Rp.400.000,- pulang pergi ke tiga gili), kita siap nyeberang ketika penumpang sudah mencapai 20-25 orang. Pelabuhan Bangsal melayani penyebrangan dari jam 7 pagi sampai 5 sore karena lewat dari jam itu hari sudah gelap.

Sekitar 30 menit mengarungi lautan, kita tiba di Desa Dunia, Gili Trawangan!!

Santai seperti di pantai dengan berbagai aktivitas seperti :

1. Swimming, Snorkeling, Diving, Sunbathing dan kegiatan air lainnya. Sewa peralatan snorkeling sekitar 30-50rb/paket lengkap buat snorkeling sepuasnya, diving bisa langsung ke pusat-pusat dive center di Gili Trawangan.

2. Keliling Pulau. Transportasi yang berlaku di Gili Trawangan hanya Sepeda dan Cidomo. Sewa sepeda Rp.30.000/jam ; Rp.50.000,-/hari tapi akan sangat murah kalo sewa rombongan. Sewa cidomo (cikar-dokar-mobil) keliling gili Rp.125.000,-/1xkeliling.

3. Taman Konservasi Penyu. Disini kita bisa melihat pertumbuhan anak penyu (tukik) selama 1 tahun sebelum dilepas ke laut. Taman konservasi ini banyak dikunjungi wisatawan karena jika tiba waktunya kita bisa ikut acara melepas tukik.

Banyak hotel berjejer di depan pantai Gili Trawangan dengan budget mulai Rp.300.000,- sampai Rp.1.000.000,-an. Jika berkantong tebal dan menginginkan fasilitas hotel mewah bisa menginap di Vila Ombak, Queen Villas, Hotel Ombak Sunset, Villa Grasia (lokasi syuting Film Arisan 2), Villa Unggul dan lain-lain. Bila menginginkan penginapan kelas menengah sekitar Rp.300.000,- sampai Rp.500.000,- (di luar high season) ada Sama-sama Bungalow, Pesona Resort, Big Bubble, Lumbung Cottages dan lain-lainnya. Mau yang lebih murah lagi sekitar Rp. 100.000,-? Susuri di dalam-dalam gang permukiman penduduk, ada semacam kamar-kamar kost dengan harga mulai Rp.100.000,- murmer dan gaya backpackers.

Jadi jangan heran kalau berkunjung ke Gili Trawangan selalu ramai dan banyak bule berseliweran, karena pulau kecil ini memang sudah menjadi magnet dunia pariwisata Lombok, NTB bahkan Indonesia. Seperti ada ‘Desa Dunia’ suasana di Gili Trawangan. Yes, truly the only destination…

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below