Gili Trawangan, Kecil – Kecil Memikat

Bagi kalian, para traveler, siapa sih yang tidak kenal Gili Trawangan, pulau kecil nan indah yang menjadi primadona wisata pulau di Lombok. Gili Trawangan tepatnya terletak di Kabupaten Lombok Utara, Desa Pemenang.

Menuju Gili Trawangan dari Kota Mataram, kalian bisa melewati dua jalur, bisa melalui daerah Senggigi, bisa juga melewati daerah Gunung Sari. Tapi, bila kalian menggunakan moda transportasi umum, pastinya kalian bakalan melewati jalur Gunung Sari.

Welcome to Gili Trawangan

Perjalanan menuju Gili Trawangan, memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan, 1 jam perjalanan darat hingga ke daerah Bangsal (pelabuhan penyebrangan menuju Gili Trawangan) menggunakan angkot dengan ongkos sekitar Rp. 15.000 dan 1 jam perjalanan laut, menyebrang menggunakan perahu dari Bangsal menuju Gili Trawangan. Oh iya, untuk penyebrangannya, kalian bisa menggunakan public boat dengan harga Rp. 16.000 untuk sekali jalan, kalau menggunakan public boat, harus menunggu perahu penuh dulu sekitar kurang lebih 25 orang dulu baru bisa berangkat. Kalau kalian butuh cepat menyebrang, bisa menggunakan speed boat dengan harga sekali jalan yang lebih mahal, sekitar Rp. 75.000, tapi enaknya, tidak perlu menunggu dan waktu tempuh yang singkat, sekitar 15 menit saja.

Pantai Gili TrawanganSetelah sampai di Gili Trawangan, lalu bagaimana? Setelah sampai, jangan bingung, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencari penginapan. Yakinlah, begitu sampai di pelabuhan Gili Trawangan, akan banyak yang menawarkan penginapan untuk anda, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tapi, kalau anda lebih suka mencari sendiri, bisa juga berjalan ke arah kampung yang ada didalam. Loh, kenapa mencari ke arah dalam ? disanalah triknya, penginapan yang lebih murah, letaknya ada didalam kampung, dengan rate harga sekitar Rp. 100.000 – Rp. 250.000 per kamar, kalau yang terletak di pinggir pantai, yakinlah harganya bisa sangat mahal, eh tapi kalau budget mencukupi dan kalian memang mau, sah – sah saja kok dicoba! Fasilitas di setiap homestay bervariasi, ada yang menggunakan AC atau tidak, tapi rata – rata kamar mandi ada didalam dan sudah include sarapan, lumayan menghemat budget kan.

Setelah selesai beres – beres menaruh barang anda, bisalah mencoba berkeliling pulau, bisa jalan kaki dengan durasi kurang lebih 3 jam, atau bisa juga menjajal bersepeda berkeliling pulau, harga yang ditawarkan untuk sewa sepeda, sekitar Rp. 100.000 per sepeda, per hari. Selain berjalan kaki dan bersepeda, bisa juga mencoba moda transportasi lain yaitu cidomo. Apa itu cidomo ? cidomo itu kendaraan tradisional yang menggunakan kuda sebagai penariknya, mirip seperti andong, hanya beda sedikit dibentuk keretanya. Oh iya, sebagai info, di Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor, jadi pulau ini bebas dari polusi udara loh !

SnorkelingPuas berkeliling pulau, saatnya mencoba snorkeling di Gili Trawangan. Spot favorit buat snorkeling ada di bagian timur pulau, dekat pusat penangkaran penyu. Persewaan alat snorkeling ada banyak di sepanjang jalan, harga sewa untuk peralatan sekitar Rp. 35.000, untuk mask dan snorkelnya saja, untuk life jacket dan fin beda lagi. Buat yang ingin mencoba paket snorkeling trip keliling 3 gili, bisa juga membeli paket yang ditawarkan. Ada dua paket, dengan dan tanpa makan siang, harganya Rp. 100.000 – Rp. 120.000, keliling ke 3 gili menggunakan perahu khusus, glass bottom boat. Satu kapal diisi sekitar 30 orang, jangan takut snorkeling ya, karena nanti ada guide yang akan menemani dan menjaga.

Selain berkeliling pulau dan snorkeling, ngapain lagi ? kalau kalian penikmat senja, maka menanti senja di sunset point menjadi hal yang jangan sampai terlewat ! sunset point berada di ujung barat, ada 2 tempat, berupa café dan juga berupa bekas café yang tidak terpakai, tinggal pilih saja, mau yang berbayar atau yang gratisan, hehe !

Sunset Gili Trawangan

Sunset di Gili Trawangan sangat cantik, matahari yang perlahan tenggelam berlatar lautan lepas dengan siluet Gunung Agung di kejauhan, sangat indah untuk diabadikan. Setelah puas menikmati matahari tenggelam, saatnya kembali menjelajahi suasana malam Gili Trawangan. Suasana malam di Gili Trawangan sangat hidup, gemerlap lampu dengan dentuman music saling bersahutan memanggil untuk mampir di bar dan café yang menyediakan hiburan malam. Makan malam pun bisa sekalian di bar atau café tersebut, tapi bagi anda yang berbudget minim, jangan sekali – sekali mencoba makan disana, karena harga yang ditawarkan cukup menguras kantong. Lalu, buat yang berbudget terbatas bisa mencari makan di mana? Jangan takut, kalian bisa mencoba makan malam di warung – warung tenda yang ada di wilayah central Gili Trawangan yang terletak didekat pelabuhan. Disana banyak warung tenda yang menawarkan makanan khas Indonesia, seperti lalapan ayam dan seafood dengan harga yang wajar, dan satu lagi, porsinya cukup banyak, sesuai dengan perut Indonesia, hehe !

Party Gili Trawangan

Masih penasaran dengan kehidupan malam Gili Trawangan ? kalian bisa mencoba dugem atau sekedar nongkrong di bar –bar yang ada. Oh iya, party di Gili Trawangan akan lebih ramai kalau malam bulan purnama, jadi buat yang doyan party sesuaikan saja waktu kedatangan anda. Enaknya di Gili Trawangan, setiap Bar dan Café yang ada disana, typenya open alias tidak perlu charge masuk, berpakaian juga bebas ! jadi bisa keluar masuk dari satu bar ke bar lain tanpa takut kehabisan duit.

Gili Trawangan memang pulau kecil yang menawan, alamnya yang indah didukung dengan fasilitas yang lengkap sukses menarik hati setiap pengunjungnya. Tak heran, bila banyak sekali wisatawan yang berwisata kesini, terutama wisatawan dari berbagai negara. Bahkan saking banyaknya wisatawan asing disini, serasa kita, warga lokal, yang menjadi bule !

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below