free website stats program

Gili Nanggu, Gili Asyik Bagi Penikmat Sepi

gili nanggu

InfoLombok.Net – Di artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentang Gili Trawangan, Desa Dunia yang menjadi tujuan utama para pelancong jika berkunjung ke Lombok. Tapi, tahukah kalian, selain Gili Trawangan masih ada gili lain yang tidak kalah bagus dan keren untuk dikunjungi, namanya Gili Nanggu.

Gili Nanggu terletak di wilayah Lombok Barat, tepatnya di Desa Tawun, Sekotong. Menuju ke sana, dari Mataram akan memakan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, karena sayang sekali, sampai saat ini belum ada kendaraan umum yang menuju ke sana.

Sepanjang perjalanan, jangan takut bosan, karena walaupun lama, sepanjang perjalanan pemandangan yang terhampar sangat indah, pemandangan laut dan perbukitan mengiringi sepanjang jalan. Karena kerennya pemandangan, sampai tak terasa akhirnya saya dan teman – teman sampai juga di daerah penyebrangan menuju Gili Nanggu.

Untuk menyebrang ke Gili Nanggu, terdapat perbedaan dengan penyebrangan di wilayah Gili Trawangan, tidak ada public boat ! satu – satunya cara untuk menuju ke sana harus menggunakan perahu sewaan. Saya dan teman – teman menyewa perahu seharga Rp. 250.000 untuk pergi dan pulang, satu perahu bisa diisi 10 hingga 12 orang penumpang, perahunya sendiri memang lebih kecil dibandingkan perahu yang digunakan menyebrang ke Gili Trawangan. Makanya, paling enak menuju Gili Nanggu beramai – ramai, selain perjalanan lebih seru, pengeluaran untuk sewa perahu bisa dibagi banyak orang.

Tak lupa sebelum mulai menyebrang kami juga membeli bekal makanan, karena di Gili Nanggu tidak ada satu pun warung atau rumah warga, di Gili Nanggu hanya ada satu resort yang itu pun harus di-booking jauh – jauh hari jika kalian mau menginap disana. Setelah beres urusan bekal, kami juga menyewa peralatan snorkeling langsung dari pemilik kapal, sewanya cukup murah, hanya Rp. 20.000 saja untuk satu pasang mask dan snorkel.

Penyeberangan Gili Nanggu

Oke kami sudah siap, dan saatnya berangkat ! penyebrangan memakan waktu kurang lebih 45 menit dengan ombak yang tenang, sepanjang perjalanan laut yang biru serta langit yang cerah selalu menemani perjalanan kami, woow indah sekali.

Hingga akhirnya kami pun tiba di Gili Nanggu, kapal merapat dan kami bergegas untuk turun, tidak sabar menikmati liburan kami di sini. Oh iya, saat masuk Gili Nanggu, nantinya akan dikenakan retribusi dan biaya keamanan sebesar Rp. 5.000 per orang, jadi jangan lupa juga siapkan dana untuk itu ya!

Gili Nanggu

Kesan pertama saat tiba di Gili Nanggu, suasananya beda jauh dengan Gili Trawangan, di sini sangat sepi ! hanya ada sedikit pengunjung, padahal waktu kami datang waktu weekend loh ! tapi, justru suasana sepi itu yang kami cari, Gili Nanggu serasa pulau pribadi kami, hehe !

Gili Nanggu

Gili Nanggu tidaklah terlalu luas, luasnya kurang lebih sama dengan Gili Trawangan, kalau dikelilingi dengan berjalan kaki, satu jam sudah selesai. Bangunan resort hanya ada di depan dekat pelabuhan, sisanya di gili ini masih banyak lahan kosong yang belum terjamah. Pasir putih dan rindangnya cemara laut menghiasi keseluruhan pulau, lautnya pun bersih dan berwarna biru cerah.

Pasir Putih

Pasir putih dan lautnya yang biru indah langsung seperti memanggil kami untuk berenang, maka tak buang waktu kami segera menceburkan diri, tapi tak lupa sih sebelumnya kami menaruh barang – barang kami di berugaq (bale – bale) yang memang disediakan disana. Pemandangan alam bawah lautnya keren sekali, masih banyak ikan warna – warni, bahkan kami juga melihat penyu dan nemo, keren ! selain itu masih banyak padang lamun (rumput air asin) serta bulu babi, jadi kami harus hati – hati saat melangkah. Oh iya, arusnya juga cukup kuat disini, jadi kalau kalian suatu saat mencoba snorkeling disana, pastikan memakai pelampung supaya aman.

Alam bawah laut yang indah disini juga tak lepas dari upaya para warga loh, mereka melakukan plantasi terumbu karang dengan media buatan, selain itu diberlakukan juga pelarangan penggunaan jangkar serta pengeboman ikan, hasilnya alam bawah lautnya tetap terjaga dengan indah, salut untuk kesadaran mereka.

snorkeling

Selain berenang dan snorkeling, berjemur dibawah rindangnya pepohonan atau menjelajah sekeliling pulau bisa menjadi pilihan. Saya sendiri mencoba berkeliling pulau, pemandangan sisi lain pulau ini cantik juga, jangan takut nyasar saat berkeliling, walaupun tidak ada jalan setapaknya, pulau ini tidak terlalu besar kok, jadi jangan khawatir.

resort gili nanggu

Dibalik kesederhanaan fasilitasnya, Gili Nanggu sukses membuat saya dan teman – teman lupa waktu. Rasanya waktu berjalan terlalu cepat sampai kami akhirnya harus pulang. Selamat tinggal Gili Nanggu, pulau cantik bagi para penikmat sepi.

Eh, kalau kalian sendiri, sudah pernah ke sana atau tidak ? cerita dong !

About contributore : Rey Maulana, anak Lombok aseli yang doyan jalan dan makan. Adrenaline junkie dan pencinta jalan gratisan sejati, hehe! Simak celotehannya di http://www.twitter.com/reymaulana114 atau nikmati jepretan amatirnya di http://instagram.com/reymaulana

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below