Eksotisme Batu Payung

Mungkin tidak bisa dibilang keajaiban lebih tepatnya adalah sebuah keunikan yang tersembunyi di selatan Lombok, bukan sebuah suguhan pantai indah melainkan sebuah pahatan batu hasil abrasi air laut. Orang-orang menyebutnya Batu Payung, batu ini terletak sekitar 1 kilometer sebelah timur Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah.

Apabila diperhatikan secara seksama, sebenarnya ini bukan sebuah batu melainkan kumpulan tanah keras sisa perbukitan di sebelahnya yang menonjol saat air laut sedang surut, pasalnya ketika air laut sedang pasang hampir separuh batu ini berada di laut.

Ciri khas batu ini mirip seperti payung, tapi apabila kita melihatnya dari berbagai sisi bentuk Batu Payung ini akan berubah seperti menjadi sebuah pahatan wajah manusia dan dari sisi lainnya terlihat seperti bentuk jamur.

Untuk menempuh tempat ini, hanya berjalan mengikuti bibir Pantai Tanjung Aan ke arah timur, sekitar 30 menit perjalanan. Perjalanan menuju Batu Payung ini alam Tanjung Aan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, seperti perbukitan yang dihuni oleh sekelompok burung wallet dan kelelawar, batu-batu hasil abrasi air laut lainnya yang berbentuk meja dan kursi serta suguhan pantai Tanjung Aan sebelah timur yang mempunyai ombak tenang.

Setelah sampai di Batu Payung ini alam juga mempersembahkan pantai yang ombaknya besar. Namanya Pantai Koloq yang memang berada di deretan pantai-pantai yang menjadi spot surfing di Lombok bagian selatan seperti Pantai Gerupuk.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below