Harganas XIX 2012 di Mataram

harganas

Provinsi NTB ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Keluarga tingkat Nasional (Harganas) XIX pada tanggal 28-30 Juni 2012, dimana Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dipastikan hadir pada puncak peringatan yang dipusatkan di Eks Bandara Selaparang Mataram.

Kemarin acara pembukaan diawali dengan gelar dagang dan pameran produk unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari 33 provinsi di Indonesia yang dibuka oleh Ketua Umum Pelaksana Hari Keluarga XIX Vita Gamawan Fauzi. Pemprov NTB selaku panitia daerah menyiapkan tenda raksasa yang diisi 135 peserta (stand) yang terdiri dari 80 stand PKK dan Dekranasda, 5 stand kementerian, 33 stand pemda dan 17 stand UKM.

Saat pembukaan Harganas XIX kemarin, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan piagam Rekor MURI kepada 3 tokoh di Provinsi NTB. Ketiga tokoh tersebut, yakni Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) NTB, Drs. H. Sukardi, MM dan Ketua Forum Kerjasama Pondok Pesantren (FKSPP) NTB, TGH. Safwan Hakim. Rekor MURI yang dipecahkan adalah sosialisasi, pergerakan, dan pelayanan penggunaan alat kontrasepsi di Pondok Pesantren (Ponpes) terbanyak yakni 180 Ponpes. Gubernur NTB memecahkan rekor MURI sebagai penggagas, Kepala Perwakilan BKKBN NTB memecahkan rekor MURI sebagai penyelenggara dan Ketua FKSPP NTB sebagai tokoh pendukung sosialisasi tersebut.

Gelar dagang dan pameran ini merupakan bentuk nyata upaya meningkatkan produktivitas usaha kecil dan menengah serta peningkatan perekonomian keluarga. Melalui event ini, UKM dapat menjual produk-produknya sekaligus sebagai wahana pembelajaran kewirausahaan dan ajang promosi produk unggulan daerah. Dengan mengandalkan produk unggulan lokal diharapkan terjadi peningkatan ekonomi daerah dan nasional.

Peringatan Hari Keluarga XIX tingkat Nasional pada tahun 2012 di Mataram akan berlangsung hingga 1 Juli mendatang. Hari ini juga Festival Mutiara Lombok Sumbawa digelar sebagai rangkaian acara peringatan Harganas XIX yang dipusatkan di Hotel Lombok Raya Mataram. Harapan kita semua, semoga eks Bandara Selaparang Mataram akan menjadi pusat venue kegiatan-kegiatan skala besar di NTB karena secara lokasi sangat layak.  Sukses VLS 2012!

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below