Cantiknya Pantai Mandalika

Hari Gini Belum Ke Lombok, Apa Kata Dunia?

Sebuah jargon yang yang menyiratkan tantangan kepada semua orang untuk mengintip keindahan alam Pulau Lombok. Bagi para wisatawan mancanegara ketika ditanya tujuan wisata favorit di Indonesia kemana, pasti hampir 90% menjawab Pantai Kuta Bali! Brand image Pulau Bali dengan Pantai Kuta-nya itu sangat kuat di ingatan dan mata para pelancong kelas dunia. Tapi Indonesia bukan hanya Bali lho.. Dan Pantai Kuta tidak hanya ada di Bali saja tapi Pulau Lombok juga punya pantai indah bernama sama yaitu Pantai Kuta! Ya, Pantai Kuta (kini disebut Pantai Mandalika) yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah ini juga sedang ‘bersinar’ sebagai salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan baik domestik maupun manca negara jika ke Lombok.

Pantai Mandalika. Dulunya Pantai Mandalika ini disebut Pantai Kuta karena berlokasi di Desa Kuta, Lombok Tengah. Seiring dengan adanya program Visit Lombok Sumbawa 2012 dan keinginan untuk lepas dari brand image Pantai Kuta Bali yg sangat kuat, maka mulailah disosialisasikan perubahan nama Pantai Kuta menjadi Pantai Mandalika. Nama ini tak lepas dari cerita legenda Puteri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dan berubah menjadi cacing laut yang disebut Nyale.

Rute menuju Pantai Mandalika dari Mataram – By Pass BIL – Bandara Internasional Lombok (BIL) – Kuta, sekitar 1,5 jam perjalanan. Jalur lain yaitu Pantai Mawun – Pantai Mandalika di Kuta sekitar 9 km atau 45 menit menggunakan mobil. Dalam perjalanan dari arah Selong Belanak kita akan ketemu pertigaan yang jika belok kanan arah ke Pantai Mawun, maka ambil jalan lurus saja menuju Pantai Mandalika. Sangat direkomendasikan jika ingin puas wisata pantai, kunjungilah pantai-pantai di Lombok Tengah bagian selatan seperti Selong Belanak – Mawun – Mandalika (sederet jalurnya) atau Mandalika – Seger – Tanjung Aan (jalur yang berbeda lagi).

Pantai Mandalika ini berpasir putih berbentuk butiran seperti biji merica, dikelilingi perbukitan nan hijau, tumpukan karang yang menjorok ke laut dan terbuka untuk umum di pinggir jalan utama menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan. Akomodasi hotel dan fasilitasnya tersedia di kawasan Kuta, Lombok Tengah dengan berbagai pilihan harga. Pantai inilah yang digadang-gadang menjadi ikon pantai di Lombok, NTB setelah Pantai Senggigi di Lombok Barat. Kawasan Kuta termasuk wilayah inti dalam pengembangan Mandalika Resort yang nantinya diharapkan menjadi pusat pariwisata terpadu di Lombok Tengah lengkap dengan sarana prasarana serta fasilitas layaknya obyek wisata kelas dunia. Mari berdoa agar semua dapat diwujudkan segera! Infonya seh dimulai akhir tahun 2012 ini. Semoga…

Lombok Itu Indah!

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below