free website stats program

Catatan dari Festival Moyo 2013

Sebuah apresiasi perlu kita berikan kepada Pemkab Sumbawa di dalam memilih branding yg tepat bagi pengembangan pariwisata daerah ini dengan menggunakan “Pulau Moyo” sebagai ikon.

Siapa yg tidak kenal Pulau Moyo, dunia sudah mengakuinya, tempat dimana banyak selebriti dunia, mulai almarhum Putri Diana, Brad Pitt, Sting, David Beckham dll pernah menginap disini.

Dalam Press Conference Wabup Sumbawa mengatakan, bahwa perkembangan pariwisata Kab. Sumbawa sangat tergantung kepada limpahan wisatawan dari Bali, Lombok dan transit trip dari paket tour menuju Pulau Komodo. Dalam hal ini saya kurang sependapat, mengapa?, karena Pulau Moyo adalah salah satu object pariwisata kelas dunia, Moyo is well known, yang perlu dipikirkan sekarang tinggal bagaimana mengintegrasikan ” Moyo ” dengan beragam keunikan budaya dan kecantikan alam Sumbawa lainnya.

Festival Moyo

Pawai dari salah satu Kecamatan di Sumbawa. Photo By: Taufan Rahmadi

Mindset berfikir para pemegang kebijakan pariwisata di Pemkab Sumbawa harus diubah, bahwa kemajuan pariwisata mereka bukan bergantung pada limpahan, melainkan mereka sudah memiliki banyak modal untuk bisa membawa sumbawa menjadi salah satu destinasi utama dunia dalam berwisata, dan itu bisa !

Kembali, menikmati rentetan acara Festival Moyo, seandainya Pemkab Sumbawa mau lebih kreatif dan lebih bekerja keras lagi, para stakeholder yg diuntungkan secara bisnis dan promosi pariwisata bisa diajak untuk turut serta mensosialisasikan festival ini hingga penjuru dunia, melalui jaringan-jaringan yang mereka miliki, seperti misalnya Amanwana Group, National Geographic, Discovery Channel, Travel Agent, kedutaan-Kedutaan Besar negara asing di indonesia, dll, karena ” Festival Moyo ” ini akan jauh lebih sukses jika keindahan alam dan keunikan budaya Sumbawa bukan hanya dinikmati oleh penduduk Sumbawa sendiri melainkan oleh dunia, dan sumbawa memiliki ” Moyo ” dan object wisata lainnya untuk mencapai itu.

The Essence of Paradise harus benar-benar dihadirkan di Festival Moyo tahun depan. Semangat !

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below