Beberapa Tips Traveling Asyik di Lombok

InfoLombok.Net – Halo para sobat traveler! kali ini saya akan berbagi tips asyik buat kalian yang berencana liburan ke pulau paling eksotis dan indah, Lombok! Bukan berita baru lagi kalau saat ini Lombok menjadi destinasi baru yang menarik setiap mata para traveler, karena keindahan alam dan budayanya.

Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan:

1. Bagaimana menuju ke Lombok?
1 ke lombok via BIL (pribadi)Saat ini akses menuju pulau Lombok sudah sangat gampang ! bagi kalian yang berdana lebih, bolehlah mencoba menggunakan moda transportasi udara alias pesawat terbang. Banyak maskapai direct flight menuju Lombok, umumnya dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, jika beruntung kaian bisa kok mendapatkan harga tiket promo, rajinlah cek dan membandingkan harga antar situs.

Jika dana terbatas,, opsi lainnya menggunakan angkutan darat dan laut. Mau menggunakan bus langsung atau estafet (istilah kerennya, ngeteng), sah – sah saja. Bila menggunakan opsi kedua, estafet, kalian harus memperhitungkan waktu tempuh dan ketersediaan kendaraan karena tahu sendiri transportasi publik di Indonesia masih belum mumpuni. Bila diambil jarak dari Bali, menuju Lombok dengan cara estafet memakan waktu sekitar 10 jam perjalanan darat dan laut.

2. Transportasi selama disana, bagaimana?
Sayang sekali, transportasi publik di Lombok masih sangat minim, kendaraan umum beroperasi dari pukul 06.00 pagi sampai maksimal 18.00 sore. Rute yang ada pun sangat terbatas,bahkan sedikit yang melewati tempat – tempat wisata. Jadi, ada baiknya jika kalian memiliki budget lebih untuk menyewa kendaraan selama disini. Sekedar info, penyewaan motor berkisar antara Rp.50.000 – Rp. 60.000/ hari sedangkan untuk sewa mobil bervariasi mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 500.000/ hari tinggal sesuaikan saja dengan budget anda.

Atau, bila mempunyai kenalan di Lombok yang bisa menemani, tentunya masalah transportasi selama disini bisa terpecahkan. Bila masih mengharapkan kendaraan umum, anda bisa menggunakan Bemo (angkot) untuk transportasi dalam kota atau Engkel (Elf) untuk rute yang lebih jauh. Tarif standar untuk Bemo Rp. 4.000 sedangkan Elf tergantung jarak, antara Rp. 15.000 – Rp. 25.000. Untuk lokasi yang berada diluar rute transportasi umum, gunakanlah taksi,tentunya biaya bisa membengkak.

3. Menginap, sebaiknya dimana?
penginapan di cakra (google)Bila kenyamanan menjadi opsi kesekian bagi kalian, bolehlah menginap di homestay yang banyak tersebar di kawasan Cakranegara, pusat kota Lombok. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai Rp. 65.000 – Rp. 250.000 per malam, tergantung besar kamar dan fasilitas yang didapatkan. Bila berdana lebih dan menginginkan lokasi dekat pantai,, bolehlah mencoba penginapan di wilayah Senggigi, banyak resort dan hotel berbintang yang bisa menjadi pilihan anda selama disana. Cek saja melalui situs seperti Agoda dan sejenisnya untuk info dan perbandingan harga.

Bila anda termasuk tipe petualang dan gampang bergaul, tapi berdana mepet, cobalah situs semacam couchsurfing atau mampir ke rumah singgah backpacker, selain menghemat dana, kalian bisa bertemu dengan teman local baru atau juga sesama traveler, lumayan menambah kenalan atau siapa tahu bisa sharing biaya untuk trip selama di Lombok.

4. Kuliner yang wajib dicoba apa saja?
makanan khas lombok (google)Lombok surganya bagi pencinta kuliner pedas ! banyak sekali jenis kuliner yang bisa kalian coba, mulai nasi puyung, nasi balap, bebalung, plecing,sate bulayak ataupun ayam bakar taliwang. Harga yang ditawarkan tergantung tepat dimana kalian makan, bila di warung kaki lima tentunya harga lebih murah dibandingkan makan di restaurant.

Sekedar saran, lebih baik mencoba makan di warung kaki lima, selain harga lebih murah rasa juga ga kalah loh ! pusat makanan kaki lima berada di sepanjang jalan Pejanggik, Cakranegara dan di Jalan Udayana Mataram.

5. Destinasi wajib, kemana saja?
Banyak sekali objek wisata yang bisa kalian jelajahi di Lombok. Bagi pencinta pantai, kalian wajib mencoba Pantai Kuta Lombok, Tanjung Aan, Pantai Mawun, Selong Belanak dan Semeti yang ada di Lombok Tengah. Bisa juga ke Pantai Pink dan Pantai Cemara, serta Gili Kondo yang berada di Lombok Timur. Eeit, jangan lupa, Gili Trawangan di Lombok Utara juga wajib masuk ke dalam daftar anda.

pantai

Air terjun juga banyak loh di Lombok, mulai dari Sindang Gila dan Tiu Kelep di Senaru, Lombok Utara sampai Benang Setokel dan Benang Kelambu di Lombok Tengah. Selain pemandangan yang indah, mandi di sana juga bikin badan kembali segar loh!

Wisata budaya bisa kalian coba dengan menjajal Desa Sade dan Desa Bayan Beleq yang merupakan desa adat di Lombok selain menambah wawasan budaya anda, lokasinya juga fotogenik sekali loh.

rinjani

Terakhir, bagi pencinta gunung, jangan lewatkan Gunung Rinjani ke dalam daftar destinasi wajib anda. Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia,, yang menjadi icon Pulau Lombok, menawarkan keindahan pemandangan yang tak ada tandingannya. Tapi, sekedar catatan, gunung ini memiliki trek medium – advance, jadi persiapkan peralatan dan fisik anda dengan sebaik – baiknya.

6. Jalan sendiri atau pakai tour organizer?
Bagi yang berdana terbatas, tapi memiliki waktu yang banyak dan berjiwa petualang, silahkan menjajal keindahan Lombok sendiri. Susun itinerary anda sebaik – baiknya, jangan lupa juga perencanaan keuangan selama berada disini.
Berbeda dengan anda yang memiliki waktu terbatas, tapi dana lebih banyak, sebaiknya menggunakan jasa tour organizer, karena dengan waktu yang terbatas anda bisa dibawa menjelajah banyak tempat dan tanpa harus repot memikirkan segala kebutuhan anda selama berwisata. Sekarang banyak sekali jasa tour organizer yang berada di Lombok, mulai dari yang menawarkan paket ala backpacker sampai paket yang lebih mahal. Silahkan manfaatkan internet dan mesin pencari anda untuk membandingkan harga serta fasilitas yang didapatkan.

Demikian tips singkat dari saya bagi kalian yang ingin berwisata ke Lombok. Yang terpenting, jangan pernah ragu untuk memulai, karena worrying get you nowhere, right ? segera susun jadwal anda dan kemas ransel anda. Yuk, berwisata ke Lombok !

*beberapa foto bersumber dari koleksi pribadi penulis dan beberapa bersumber dari Google*

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below