free website stats program

Anak Gunung Rinjani Dikabarkan Meletus

Anak Gunung Rinjani atau yang biasa disebut Gunung Barujari dikabarkan meletus pagi tadi sekitar pukul 10:00 WITA. Hal tersebut terlihat dari kepulan asap dan debu yang keluar dari gunung tersebut. Menurut Kepala Resort Sembalun, Taman Nasional Gunung Rinjani, Gunung Barujari mengeluarkan asap dan debu dalam jumlah kecil. Walaupun demikian, beliau menuturkan tetap melakukan upaya evakuasi terhadap para pendaki karena dikhawatirkan letusan akan semakin membesar.

Hingga saat ini belum ada catatan pasti tentang jumlah pendaki yang naik ke Gunung Rinjani, namun catatan tentang para pendaki sudah ada. Proses evakuasi dilakukan melalui jalur pendakian Torean, Kabupaten Lombok Utara karena lebih aman dari asap dan debu akibat letusan. Zulfahri menegaskan, pihaknya juga sudah menutup seluruh jalur pendakian resmi, baik melalui Sembalun dan Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur, serta Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

Akibat letusan ini, selain ditutupnya jalur pendakian, Mulang Pekelem sebuah ritual umat Hindu dinyatakan telah dikondisikan demi keselamatan.

Gunung Barujari tercatat pernah meletus beberapa kali sejak tahun 1944 sekaligus pembentukannya, kemudian di tahun 1966, tahun 1994, tahun 2004 dan yang terakhir tahun 2009 yang menelan korban jiwa hingga 31 orang karena banjir bandang akibat letusan.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below