Ampenan, Kota Tua di Pulau Lombok

Diantara ribuan keindahan tersaji lengkap di Pulau Lombok. Mulai dari pantai, air terjun, taman, pegunungan dan masih banyak lainnya. Dari sisi sejarah pun mencatat ada banyak obyek wisata yang dapat mengingatkan kita pada keadaan masa lampau di Pulau Lombok ini, dan yang masih utuh dan “hidup” saat ini adalah Ampenan.

Ampenan

Ampenan, Kota Tua yang masih Asri. Photo by: inilahmataram.com

Ampenan adalah sebuah Kota Tua yang sudah ada dan merupakan salah satu saksi sejarah Lombok sejak tahun 1800an. Belanda yang saat itu berkuasa membangun daerah tersebut menjadi sebuah dermaga / pelabuhan untuk menyaingi Pulau Bali.

Ampenan saat itu terjadi pembauran suku, etnis dan Agama. Terdapat beberapa kawasan seperti kawasan Arab, Tionghoa, Bugis, Buddha dan warga lokal. Mereka rukun dan berbaur tanpa ada masalah sedikitpun. Di Ampenan juga terdapat sebuah Wihara Bodhi Dharma yang berdiri sejak 1804.

Ampenan merupakan pelabuhan untuk kapal-kapal dagang, sehingga dijuluki sebagai tempat singgah. Salah satu panorama alam yang ada di Ampenan ini adalah tepi pantai, kita dapat melihat matahari terbenam di pantai ini.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below