Air Terjun Panggung Gangga

http://bajangberbagi.files.wordpress.com/2012/10/air-terjun21.jpg

Ketika menyebut Gangga, maka yang diingat orang pasti Air Terjun Gangga di Desa Gangga Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Tapi ternyata ada sebuah air terjun yang namanya cukup unik dan belum populer, yaitu Air Terjun Panggung. Air terjun ini berada 45 menit dari Gondang, ibu kota Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Tepatnya di Desa Rempek. Sebuah desa yang berada di lintas Tanjung – Bayan. Desa yang asri dibawah jejeran perbukitan dan penuh dengan pohon hijau sepanjang jalan. Oh ya, Desa Rempek bisa ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil, jalurnya sudah hotmix. Waktu tempuh 1 jam 45 menit perjalanan dari Mataram menuju Air Terjun Panggung akan terbayar dengan bening dan segarnya air  yang langsung berasal dari Gunung Rinjani.

Sesampainya di Desa Rempek, kita harus menuju Dusun Loh yang merupakan lokasi air terjun ini. Sekitar 15 menit sampai, dan jalannya bisa dilalui dengan mobil atau sepeda motor. Cuma kalau pakai mobil, kita mesti berjalan kaki beberapa ratus meter, karena jalan setapaknya hanya bisa dilalui motor.

Air terjun ini memang tidak setinggi Air Terjun Gangga atau Sindang Gila apalagi Tiu Kelep. Tingginya hanya sekitar sepuluh meter. Batu-batu yang berada di atas air terjun, memecah aliran air dari atas dan membentuk dua buah air terjun sekaligus. Seolah-olah menjadi panggung pertunjukan yang luar biasa indahnya.

Oh ya, setelah selesai menikmati Air Terjun Panggung, kita bisa mampir ke perkampungan warga Budha yang berada di jalur menuju air terjun. Ada sebuah Vihara tua yang sampai saat ini masih terjaga disana.

Perkampungan Warga Budha

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below