Air Awet Muda Lombok

Bagi orang Lombok sendiri, mungkin kata air awet muda sudah tidak asing di telinga mereka. Namun bagi warga luar Lombok , mungkin akan penasaran dengan mata air ini.

Di Desa Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat terdapat mata air yang konon bisa membuat awet muda jika dibasuh di wajah seseorang. Di daerah tersebut terdapat 3 sumber mata air yang salah satunya dipercaya memiliki kelebihan seperti disebutkan di atas.

Taman Narmada

Taman Narmada yang dibangun sejak jaman Kerajaan Karangasem

Menurut sejarah, ketiga mata air tersebut adalah replika dari mata air yang ada di Gunung Rinjani. Raja Anak Agung Gede Ngurah saat masa muda sering mendaki Gunung Rinjani, namun setelah tua dia sudah tidak kuat sehingga membuat Taman Narmada serta replika Danau Segara Anak.

Mata air awet muda ini terletak di dalam bangunan kecil yang disebut Bale Petirtaan. Untuk masuk ke dalam, pengunjung harus mengikuti pedoman-pedoman dan ritual. Cewek yang sedang datang bulan dilarang masuk ke dalam bangunan tersebut. Sebelum masuk ke dalam bangunan, pengunjung disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT, meminta rezeki dan panjang umur, kemudian masuk ke dalam lokasi mata air.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below