free website stats program

3 Kuliner Wajib di Lombok

Pulau Lombok berukuran lebih kecil dari Pulau Bali ataupun Sumbawa, namun membutuhkan waktu yang lama untuk mengunjungi berbagai obyek wisata karena jumlahnya yang sangat banyak. Semua obyek wisata di Lombok memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri.

Namun jika anda tidak memiliki waktu, atau waktu liburan anda di Lombok sangat singkat, maka cukup kunjungi 3 tempat wajib saat liburan di Lombok.

Panjang ataupun pendeknya waktu tidak akan lengkap tanpa anda berwisata kuliner mencicipi masakan khas Pulau Lombok khususnya Suku Sasak. Ada banyak kuliner Khas di Lombok yang mungkin tidak bisa anda coba semuanya. Walaupun begitu, anda wajib merasakan makanan khas Lombok yang terkenal hingga mancanegara.

Berikut 3 kuliner wajib saat anda berlibur ke Lombok:

1. Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung

Bayangkan pedasnya pelecing kangkung khas Lombok

Siapa tidak kenal pelecing kangkung? Makanan ini sudah menjadi identitas Suku Sasak. Walaupun kini sangat banyak yang menjual Pelecing Kangkung khas Lombok di berbagai daerah, namun pelecing asli khas Lombok sangat berbeda.

Citarasa Kangkung dan rasa pedasnya berbeda dan khas, sehingga orang dapat dengan mudah mengetahui apakah Pelecing tersebut asli buatan Lombok atau bukan.

Sekedar tips untuk para wisatawan, jika ingin merasakan Pelecing Kangkung khas Lombok, cobalah mencari di perkampungan / pedesaan dan anda dapat merasakan khasnya makanan Lombok yang satu ini.

2. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang, pedas dan gurih

Setelah mencari pelecing, para wisatawan biasanya mencari makanan khas lainnya yang tidak kalah terkenal yaitu Ayam Bakar Taliwang. Ayam bakar yang menggunakan racikan bumbu yang sudah turun temurun sejak jaman kerajaan ini terkenal dengan rasa pedas serta gurih.

Untuk mencari Ayam Bakar Taliwang cukup mudah. Di sepanjang jalan Pejanggik, Cakranegara, sangat banyak warung tenda yang menjual Ayam Bakar Taliwang.

3. Ares

Ares

Ares, makanan dari pelepah pisang yang lezat

Masakan khas Lombok yang satu ini bisa dibilang unik dan menarik namun memiliki rasa yang khas dan lezat. Dikatakan khas karena bahan dasar ares adalah pelepah pisang atau dalam bahasa Sasak disebut kedebong pisang yang dicacah / dipotong-potong hingga membentuk persegi panjang kecil-kecil. Lalu dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas yang pedas.

Ares merupakan makanan wajib di acara-acara sakral seperti sunatan, kawinan ataupun acara adat di perkampungan / pedesaan.

Masih banyak makanan khas Lombok lainnya seperti Sate Tanjung, Sate Bulayak, Jaje Tujak sedaq Poteng, Nasi Balap Puyung dan lainnya. Namun ketiga makanan di atas cukup dapat membuat lidah anda merasakan nikmatnya makanan khas Lombok.

Komentar Anda

comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below